Latest News

1001 Inspirasi dalam Webinar Series Pusat Penguatan Karakter (PUSPEKA)


Dunia pendidikan Indonesia sedang menghadapi tantangan yang sangat berat karena Pandemi COVID-19. Akibat dari pandemi ini para peserta didik mengaharuskan kita untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ), demi kesehatan dan keselamatan nyawa peserta didik. Namun pembelajaran jarak jauh tidak berjalan dengan mulus, banyak kendala yang dihadapi oleh peserta didik, guru dan orang tua. Untuk mengatasi kendala yang dihadapi pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengambil berbagai kebijakan seperti kurikulum dalam kondisi khusus lengkap dengan modul panduan, dana BOS bisa digunakan untuk membayar honor guru, penyediaan kuota gratis, peningkatan kompetensi guru dan lainnya. Dalam meningkatkan Kompetensi guru dalam masa pandemi ini, Kemdikbud memilih cara yang paling aman yaitu mengadakan seminar web  (Webinar), seperti yang dilakukan oleh Pusat Penguatan Karakter (PUSPEKA) mengadakan Webinar series yang bisa di ikuti oleh Guru, peserta didik dan masyarakat. Namun, lebih ditujukan untuk para guru Sehingga para guru dapat termotivasi dan menerapkan hal-hal baik dalam PJJ di masa pandemi ini.


Webinar yang dilaksanakan oleh PUSPEKA dengan berbagai tema, seperti: ‘pengenalan lingkungan sekolah secara virtual’, ‘seru belajar kebiasaan baru’, ‘kurikulum kondisi khusus, adaptasi kebiasan baru’, ‘sinergi pembelajaran kondisi khusus’, ‘mengelola pembelajaran adaptif, fleksibel dan akomodatif’. Dari 5 webinar yang saya ikuti tersebut, saya mendapat sangat banyak inspirasi untuk diterapkan dalam pembelajaran di masa pandemi ini dan banyak juga informasi mengenai kebijakan dari Kemdikbud. 


Saya menjadi tahu bagaimana melakukan masa pengenalan lingkungan sekolah disaat pandemi, bagaimana menanamkan karakter di masa pandemi, bagaimana belajar kebiasaan baru tetap seru untuk dilakukan, mengetahui bagaimana mengaplikasikan kurikulum kondisi khusus, membuat pembelajaran yang adaptif, mengetahui kebijakan tentang pembelajaran tatap muka di masa pandemi ini dan masih banyak lainnya. 

Kebijakan Pembelajaran Tatap muka di masa pandemi
Kegiatan yang terinspirasi dari webinar

Saya sebagai guru memang tidaklah sempurna tetapi saya akan terus belajar untuk menjadi lebih baik dan bermanfaat. Saya sebagai guru memang tidaklah hebat tetapi saya berani belajar berubah, untuk masa depan yang lebih baik. 

“Kalau Anda mengatakan mimpi tidak mampu, saya sudah buktikan MAMPU KOK” – B.J. Habibie.