Udang Simpan Informasi Keberadaan Alien

udang Rimicaris hybisae menyimpan informasi soal keberadaan alien

Menurut badan antariksa Amerika (NASA), udang bernama Rimicaris hybisae menyimpan informasi soal keberadaan alien. Hewan ini hidup di perairan Karibia.

Udang ini bukanlah udang biasa. Habitatnya berada di kedalaman 2.300 meter di bawah permukaan di lingkungan yang mengandung hidrogen sulfida hasil dari ventilasi hidrothermal.

Selain sangat gelap, di kedalaman itu udang juga hidup pada air dengan suhu berkisar 400 derajat yang dipanaskan oleh inti Bumi. Kondisi ini sangat ekstrim hingga tak ada mahluk lain yang bisa bertahan hidup.

Lantas apa hubungannya dengan alien? Udang tersebut hidup dengan memakan bakteri yang muncul dari ventilasi hidrothermal, jika bakteri ini bisa bertahan dengan kondisi separah di atas, maka bukan tidak mungkin mereka juga bisa bertahan di planet lain seperti di bawah kerak es bulan milik Jupiter, Europa.

Europa memiliki kondisi lingkungan yang mirip dengan habitat udang Rimicaris hybisae, dan ilmuwan percaya bahwa mikroba adalah sebuah awal dari kehidupan.

“Dua pertiga dari sejarah Bumi hanya dihuni oleh mikroba, dan di Europa mikroba punya banyak kesempatan untuk hidup,” kata Max Coleman, ilmuwan peneliti senior di Jet Propulsion Laboratory milik NASA.

Hingga kini Coleman dan sejumlah ilmuwan lainnya masih meneliti soal udang Rimicaris hybisae, termasuk mikroba yang menghasilkan makanan untuk para hewan tersebut. Seperti dikutip dari CNN.

loading...