Latest News

Sangat Indonesia, Ini 5 Makna dari Uang Rupiah Baru


Segala sesuatu yang tercipta pasti memiliki fungsi dan makna bagi mereka yang memanfaatkannya. Tak terkecuali pada uang Rupiah baru yang baru dirilis oleh Bank Indonesia pada Senin (19/12). Dikutip dari Liputan6.com, Gurbernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo mengemukakan lima makna penting dari 11 uang Rupiah baru yang memuat 12 gambar pahlawan.

Lebih lanjut, makna dari uang rupiah baru tersebut ialah sebagai perwujudan kedaulatan RI. Apalagi, pada uang baru tersebut mencantumkan frasa Negara Kedaulatan Republik Indonesia (NKRI). "Yang memiliki makna filosifis rupiah simbol kedaulatan RI," kata Agus Martowardojo saat peluncuran uang, di Gedung BI, Jakarta, pada Senin (19/12) dikutip dari Liputan6.com.

Sedangkan makna ke-dua ialah sebagai alat pembayaran yang sah. Menurut Agus, rupiah menjadi alat pembayaran wajib dipakai dalam setiap transaksi di Indonesia. "Rupiah adalah alat pembayaran yang sah dan wajib digunakan untuk transaksi di NKRI," imbuhnya. Ke-tiga, sebagai upaya untuk menjaga ketersediaan uang. Ke-empat, menurut Agus, peluncuran uang baru dimaksudkan untuk menjaga kualitas uang rupiah.

"Kualitas uang rupiah perlu dijaga dan dirawat baik. Menjaga rupiah sama artinya dengan jaga simbol kedaulatan negara," ujar Agus. Ke-lima, adanya uang rupiah baru sebagai penghormatan terhadap jasa pahlawan RI. "Penggunaan gambar pahlawan, pemandangan alam adalah bentuk penghormatan jasa pahlawan dan lebih memperkenalkan keragaman seni budaya dan kekayaan alam Indonesia," katanya.