6 Latihan Pasukan Militer Paling Berat, Indonesia Masuk Juga!

Yang namanya pasukan militer memang harus tangguh dan memiliki kemampuan bertempur yang hebat. Karena mereka ini adalah orang yang ada di garis depan dalam urusan pertahanan negara. Bayangkan gimana jadinya kalau orang yang tergabung dalam pasukan militer adalah sosok yang lemah atau bahkan penakut.

Agar kualitas pasukannya makin tangguh, maka latihan yang harus dijalani juga makin berat. Nggak semua orang bakal sanggup menjalani latihan militer beberapa negara ini. Bahkan mungkin 'anak mama' bakal menangis kalau lihat latihannya.

1. Tentara Merah di Tiongkok
Dengan wilayah yang begitu luas dan usaha keras untuk berhasil menjadi negara yang lebih kuat, nggak heran jika Tiongkok termasuk negara yang melatih keras militernya. Tapi bukan sekedar keras dan berat, mereka punya latihan khusus yang membahayakan keselamatan para pasukannya sendiri.


Latihan yang cukup aneh tersebut disebut dengan ‘Hot Potato’. Dalam latihan ini, mereka akan saling melemparkan granat dengan perhitungan waktu yang akurat. Masalahnya, granat yang dipakai ini dalam kondisi aktif. Artinya, jika meleset sedikit saja atau salah perhitungan waktunya, bisa dipastikan mereka akan tewas ditempat atau setidaknya mengalami cidera parah.

2. Pasukan Baret Merah Belarusia
Latihan Berat Pasukan Baret Merah Belarusia

Belarusia juga memiliki latihan yang nggak kalah mengerikan dari Tiongkok. Mereka diharuskan berjalan melewati gelondongan kayu yang terbakar. Di saat yang sama, di sisi kanan dan kiri mereka ada ban yang berayun sehingga para tentara ini harus bisa menjaga keseimbangan. Kalau sampai nggak seimbang dan terjatuh, sudah ada peluru yang siap menyambut mereka di bawah.

Belum berhenti sampai di situ saja, latihan selanjutnya malah lebih mirip dengan atraksi ekstrim yang nggak akan mau kamu coba. Mereka harus terlentang dengan tumpukan bata diletakkan di atas tubuhnya untuk kemudian dipukul dengan martil. Selanjutnya, mereka juga masih harus memecahkan balok yang terbakar hanya dengan menggunakan kepala! Orang biasa nggak akan sanggup ikut jadi pasukan Baret Merah negara ini.

3. Kopassus Indonesia
Latihan Kopassus Indonesia

Di Indonesia, latihan Kopassus atau Komando Pasukan Khusus juga terbilang sangat berat. Mereka harus menjalani apa yang disebut dengan Hell Week atau minggu neraka. Latihan dimulai dengan tanpa bekal serta harus sudah bisa berkumpul di titik yang ditentukan pada pukul 10 malam. Namun ini juga nggak gampang karena mereka harus menghindari segala macam rintangan maupun tembakan.

Saat seorang anggota tertangkap dan nggak bisa mencapai tujuan, mereka akan diinterogasi seperti dalam perang sungguhan. Mereka juga akan disiksa hingga nyaris mendekati daya tahan manusia, tapi tetap nggak boleh membocorkan informasi. Meski Konferensi Jenewa sudah menyebutkan bahwa tawanan perang dilarang disiksa, tapi para calon prajurit Komando ini tetap dilatih untuk menghadapi kemungkinan yang terburuk.

4. Pasukan Militer Taiwan
Latihan Berat Pasukan Militer Taiwan

Salah satu latihan mengerikan di Taiwan adalah dengan mewajibkan pasukannnya melewati bebatuan koral tajam. Tapi jangan dikira ini pekerjaan gampang, karena mereka harus melakukannya dengan merangkak!

Masih merasa itu gampang? Tunggu dulu. Merangkak yang dimaksud di sini bukan dengan tangan dan kaki. Pasalnya tangan dan kaki mereka terikat yang artinya merangkak dilakukan dengan cara seperti ulat bergerak yaitu dengan tubuh mereka! Anehya lagi, latihan yang menyiksa ini punya nama yang cukup indah yaitu Road to Heaven (berjalan menuju surga).

5. Pasukan Khusus Rusia
Latihan Berat Pasukan Khusus Rusia

Selanjutnya ada juga aksi latihan militer Rusia yang juga nekat. Dalam latihan ini, para prajurit diharuskan untuk saling menembak dada rekannya. Tujuannya adalah agar pasukan tetap terlatih untuk beraksi dengan tenang dan tetap kuat meski mereka terluka.

Ada beberapa pasukan yang akan terluka, tapi ada juga yang terlindung oleh rompi anti peluru. Tapi, apapun hasilnya mereka tetap harus bisa bangkit lagi dengan cepat dan balas menembak. Intinya adalah mereka harus mampu menghadapi musuh dalam situasi apapun.

6. Navy SEAL Amerika Serikat
Latihan berat Navy SEAL

Umumnya semua aspek latihan Navy SEAL memang bisa dibilang gila, tapi ada satu lagi yang termasuk sangat ekstrim. Dalam masa latihan, kaki dan tangan pasukan akan terikat dan mereka menyelam dalam air. Di dalam kolam, mereka harus melompat naik turun 20 kali, mengambang selama 5 menit, berenang ke tempat yang dangkal, berbalik tanpa menyentuh dasar kolam, dan berenang kembali ke sisi yang dalam.

Selanjutnya, mereka harus melakukan koprol ke depan dan ke belakang di bawah air dan mengambil masker di dasar kolam. Belum selesai sampai di situ saja, para instruktur juga akan menyerang para pasukan ini di dasar kolam sebagai simulasi pertarungan dengan musuh.

Menjadi anggota pasukan militer memang nggak gampang. Hanya orang yang tangguh dan bermental baja saja yang bakal bisa melewati segala latihan mengerikan ini. Pasalnya, tugas mempertahankan negara juga memang bukan perkara sederhana. Jadi wajar jika mereka harus menghadapi latihan keras mati-matian.