Latest News

Hal Berbahaya Tidak Boleh Dilakukan Saat Wanita Sedang Haid

Haid merupakan siklus bulanan yang rutin dialami oleh setiap wanita. Haid atau yang biasa disebut dengan menstruasi adalah perubahan fisiologis didalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala serta dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron. Siklus haid yang terjadi pada wanita rata-rata 28 hari. Akan tetapi tidak semua wanita mengalami siklus menstruasi yang sama dan teratur.

Haid atau menstruasi akan berhenti dengan sendirinya (menopause) seiring dengan bertambahnya usia. Menopause merupakan terhentinya siklus haid secara fisiologis karena dipengaruhi oleh faktor usia seorang wanita. Mungkin kita sering mendengar mengenai hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada waktu haid. Di sini penulis akan membahas dan mengulas seputar larangan saat haid.

Inilah Beberapa Hal Yang Dilarang Saat Haid

Berhubungan intim
Melakukan hubungan suami isteri pada waktu haid secara tegas tidak diperbolehkan, baik itu menurut hukum agama ataupun menurut medis. Mengapa demikian? Hal ini karena organ intim wanita pada waktu haid tidak steril sehingga tidak aman untuk melakukan hubungan intim. Darah haid biasanya lebih dikenal dengan darah kotor yang mengandung banyak bakteri. Apabila pada waktu haid melakukan hubungan intim maka dikhawatirkan akan terjadi infeksi pada organ reproduksi wanita.

Selain itu, memaksakan untuk melakukan hubungan suami isteri pada waktu haid sangat beresiko menyebabkan sudden death atau kematian mendadak. Mengapa yang demikian bisa terjadi? Pada waktu haid, pembuluh darah pada organ reproduksi wanita akan terbuka sehingga ketika melakukan hubungan badan sangat beresiko terbawanya udara dari luar dan masuk kedalam pembuluh darah sampai ke jantung. Kondisi tersebut bisa berakibat fatal dan bisa menyebabkan serangan jantung secara mendadak.

Melakukan olahraga berat
Larangan wanita saat haid yang selanjutnya yaitu melakukan kegiatan olahraga yang berat dan tidak teratur. Pada waktu menstruasi memang tidak dilarang untuk berolahraga. Bahkan sangat dianjurkan melakukan olahraga pada waktu menstruasi untuk melancarkan sirkulasi darah. Akan tetapi pada waktu haid sebaiknya Anda memperhatikan dan membatasi porsi olahraga. Selain itu, Anda juga harus telitidan cerdas dalam memilih jenis olahraga yang akan dilakukan pada waktu haid. Sebaiknya Anda menghindari jenis olahraga yang berat. Hal ini karena pada waktu haid banyak pembuluh darah yang terbuka sehingga apabila melakukan olahraga berat sangat beresiko menyebabkan pendarahan yang tidak normal. Oleh karena itu, bagi wanita yang sedang haid disarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas ringan seperti jalan santai atau peregangan.

Mengkonsumsi minuman dingin dan soda
Hal ini memang tidak sepenuhnya dilarang untuk dilakukan pada waktu haid. Hanya saja pada waktu haid sebaiknya Anda tidak banyak mengkonsumsi jenis minuman bersoda karena bisa mempengaruhi keseimbangan hormon. Selain itu, bagi wanita yang sedang haid tidak dianjurkan untuk membiasakan mengkonsumsi minuman dingin atau air es. Hal ini karena bisa memperlambat dan menghambat keluarnya darah haid. Anda sebaiknya membatasi konsumsi kategori minuman tersebut supaya siklus haid berjalan lancar dan tidak menimbulkan berbagai macam keluhan.

Berenang
Berenang pada waktu haid tidak dianjurkan karena dikhawatirkan pembuluh darah yang terbuka dan terkena air yang tidak steril dari kolam renang akan beresiko menyebabkan infeksi. Selain itu, mungkin berenang pada waktu hamil akan mengganggu kenyamanan Anda. Oleh karena itu, hal tersebut bisa menjadi pertimbangan Anda sebab bukan hal dianjurkan dan berenang juga bukan sepenuhnya hal yang dilarang saat haid.

Adapun beberapa fakta dalam menstruasi yang juga harus anda ketahui :

1. Seorang wanita tetap bisa hamil walaupun melakukan hubungan intim saat sedang menstruasi. Mitos bahwa pembuahan tidak akan terjadi jika dilakukan saat menstruasi tidak dapat dipercayai.

2. Seorang wanita paling subur menjelang atau tepat pada masa ovulasi, yaitu saat telur lepas dari ovarium. Biasanya, masa ovulasi terjadi 7 hari setelah menstruasi, berarti pada hari ketiga setelah menstruasi, wanita juga dalam masa subur.

3. Kadang menstruasi tidak teratur, jika mundur atau maju hingga 7 hari, masih normal. Penyebab menstruasi tidak teratur bisa dikarenakan beberapa hal, misalnya penurunan atau kenaikan berat badan, stres, penggunaan obat tertentu, hingga penyakit serius seperti kanker rahim. Jika Anda sering mengalami siklus menstruasi tidak teratur, segera periksakan ke dokter.

4. Hingga beberapa puluh tahun yang lalu, menstruasi masih tabu dan menjadi misteri, tidak banyak ahli kesehatan membicarakannya, menstruasi belum menjadi pengetahuan umum bagi wanita. Tetapi pada tahun 1946, Disney merilis film The Story of Menstruasi sebagai panduan pelajaran bagi wanita muda untuk lebih mengetahui tubuhnya, terutama dalam bidang seksual. Film tersebut adalah film pertama yang menggunakan kata vagina.

5. Rata-rata wanita akan mengeluarkan darah sebanyak satu cangkir. Meskipun setiap wanita memiliki jumlah yang beragam pada cairan menstruasi, kebanyakan total darah yang keluar adalah beberapa sendok hingga satu cangkir.

6. Saat masa puber, gadis remaja sering malu menyebut kata menstruasi, haid atau datang bulan. Ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi di seluruh dunia. Biasanya mereka memakai kode "Aku sedang itu,", "Lagi dapet," dan sebagainya. Remaja putri biasanya masih malu membeli sendiri pembalut wanita.

7. Bila Anda sudah menikah, hasrat atau libido akan menurun selama masa menstruasi. Hal ini disebabkan karena pengaruh hormon progesteron. Tetapi saat masa ovulasi, Anda akan mengalami lonjakan libido. Hal ini alami karena wanita saat masa subur lebih mungkin untuk hamil.

8. Di beberapa negara, menstruasi masih menjadi hal yang tabu. Dalam tradisi lama Indonesia, anak perempuan yang sedang menstruasi tidak diperbolehkan datang ke lumbung padi atau menjaga padi yang siap panen. Di negara lain seperti India, gadis yang sedang menstruasi tidak boleh masak acar dan dilarang menyentuh patung para Dewa.

9. Always adalah merek pembalut pertama yang menunjukkan darah dalam iklan pembalutnya pada tahun 2011. Seperti yang kita tahu, cairan warna biru sering digunakan untuk menggantikan cairan darah menstruasi pada iklan pembalut. Iklan ini sempat mendapat kritik tetap masih muncul beberapa waktu kemudian.

10. Rata-rata usia anak perempuan yang mengalami menstruasi pertama adalah 12 tahun. Semakin hari, anak perempuan (dan anak laki-laki) mengalami puber lebih awal. Anak perempuan sekarang ada yang sudah menstruasi di usia 9 tahun. Penyebab hal ini belum jelas, tetapi faktor lingkungan seperti pola makan dan stres yang tinggi diduga kuat sebagai penyebabnya.

Sekianlah artikel tentang Hal Hal yang Perlu Dihindarkan dan Perlu Dilakukan Saat Menstruasi Tiba. memang saya tidak mengerti apa itu menstruasi dan hal yang terkait didalamnya, tetapi karena telah mennyimpukan dari berbagai sumber, ya tetap gak ngerti juga hahaha, semoga bermanfaat.