Fenomena Awan Menyerupai Lafal Allah Muncul di Jogja

Netizen dihebohkan dengan pemandangan menakjubkan di langit kawasan Muntilan, Magelang. Fenomena itu adalah munculnya awan menyerupai bentuk huruf Arab dan berlafalkan Allah.


Fenomena alam itu diposting oleh Facebooker bernama Inoeng Beni Priyono Sigiyox sekitar pukul 07.00 tadi. Di antara langit biru yang jernih, terlihat awan membentuk lafal Allah.

"Subhanallah, awan berlafalkan Allah, foto diambil dari dekat SMP Pondok Rejo," tulis Inoeng.
Joko Sudibyo, warga Jumoyo, Kecamatan Salam mengaku kaget saat tulisan berlafalkan Allah itu muncul di langit yang membiru pagi ini.

Kala itu, dia hendak berangkat kerja sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Magelang.

"Tiba-tiba saya melihat ada fenomena alam ini. Saya kagum atas kebesaran Allah. Allah menunjukkan kebesaran dan keperkasaanNya," ujar Joko kepada Tribun Jogja.com.

Joko akhirnya mengabadikan fenomena alam tersebut. Dia memotret melalui kamera ponselnya dan membagikan gambar tersebut kepada sejumlah relawan bencana alam di Kabupaten Magelang melalui grup Whatsapp.

Menurut Joko, fenomena alam ini bukan sebuah pertanda adanya gejala alam. Dia juga berharap, hal tersebut merupakan benar-benar fenomena alam yang indah.

"Mudah-mudahan bukan pertanda bencana," kata mantan Kabid Logistik dan Keadaruratan BPBD Kabupaten Magelang ini.

Dari segi ilmiah, bentuk awan memang mudah berubah-ubah. Ini karena awan terdiri titik-titik air yang berkumpul di udara.

Proses pembentukan awan diawali dengan menguapnya air yang ada di bumi.

Setelah itu, terjadi proses kondensasi, di mana uap air akan bertemu dengan udara yang lebih dingin di atmosfer, lalu mencair menjadi titik air dan membentuk awan.

Titik-titik air itu terus bergerak dan ketika bertemu dengan udara panas akan menguap. Menguapnya sejumlah titik air ini yang menyebabkan bentuk awan berubah baik berupa huruf, wajah maupun bentuk lain. (jogja.tribunnews.com)

loading...