8 Miliarder yang Masih Mengemudikan Mobil Murah

Saat menjadi miliarder, orang cenderung memiliki rumah paling mewah, berwisata ke tempat-tempat paling eksotis, menginap di hotel paling mewah dan mengendarai mobil-mobil paling mahal.

Namun, beberapa orang kaya melihat kendaraan hanya sebagai sarana untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Berikut adalah daftar 8 miliarder yang masih mengendarai mobil murah atau setidaknya relatif murah:

1. Dustin Moskovitz

Dengan kekayaan mencapai US$ 3,8 miliar (Rp 48 trilun), mantan salah satu pentolan Facebook ini mengemudikan Volkswagen R32 Hatchback yang harganya hanya US$ 30 ribu (Rp 376 juta).

2. Mark Zuckerberg

Siapa yang tidak tahu pengusaha muda kaya raya ini. Dia adalah pendiri Facebook. Kisah hidupnya sempat diangkat ke layar lebar dengan judul The Social Network.

Meskipun kekayaannya senilai US$ 16,1 miliar (Rp 201 triliun), Anda tidak akan melihat dia berkeliling dengan mobil super heboh. Sebaliknya, dia mengendarai Acura TSX yang harganya tidak lebih dari US$ 30 ribu (Rp 376 juta).

3. Jim Walton

Dream - Kekayaan Walton bernilai hampir US$ 30 miliar (Rp 376 triliun), cukup untuk membeli sebuah kota atau negara bagian. Namun anak bungsu pendiri Wal-Mart ini lebih tertarik berkeliling dengan sebuah Dodge Dakota, yang harganya kurang dari US$ 30 ribu.

4. Alice Walton

Putri satu-satunya Sam Walton, pendiri Wal-Mart, ini sebelumnya lebih suka berkeliling dengan sebuah Porsche. Namun mungkin karena pengaruh adiknya, Jim Walton, dia kini terbiasa mengendarai Ford F150 yang harganya tidak kurang dari US$ 25 ribu (Rp 314 juta)

5. Larry David

Larry David adalah bintang dan produser serial televisi top HBO, Curb Your Enthusiasm. Ia juga membantu menciptakan dan memproduksi salah satu film komedi terbaik sepanjang masa, Seinfeld.

Sementara rekannya Jerry Seinfeld mengoleksi bermacam Porsche, David malah memilih untuk memiliki sebuah Toyota Prius bernilai kurang dari US$ 25 ribu (Rp 314 juta).

6. Francois Henri Pinault

Suami aktris cantik dan seksi Salma Hayek ini memiliki kekayaan senilai US$ 15 miliar (Rp 188 triliun). Tidak seperti pebisnis lain yang sibuk pamer barang mahal untuk menarik hati pujaannya, Pinault malah mengemudikan sebuah SUV dari Lexus. Harga mobilnya itu pun tak akan menguras tabungannya, karena hanya US$ 40 ribu (Rp 502 juta).

7. Warren Buffett

Warren Buffett adalah salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih lebih dari US$ 60 miliar (Rp 754 triliun). Dia menganut filosofi berhemat untuk berinvestasi.

Ia memiliki plat mobil pribadi yang merinci kata 'Thrifty' yang artinya 'Hemat'. Plat tersebut bisa dilihat pada mobil tua miliknya Lincoln Town Car Signature yang ia beli pada 2001.

8. Ingvar Kamprad

Dialah pendiri IKEA, perusahaan yang mengkhususkan diri pada perdagangan mebel. Dia benar-benar tahu nilai uang setelah berjualan korek api kepada seorang tetangganya.

Kini setelah sukses dan menjadi miliarder dengan nilai kekayaan US$ 53 miliar (Rp 667 triliun), Kamprad masih mengemudikan sebuah Volvo 240 GL yang ia beli pada 1991.