Jembatan Kaca Tertinggi dan Terpanjang di China

Jembatan kaca tertinggi dan terpanjang baru saja selesai dibangun di Zhangjiajie, Provinsi Hunan, China. Jembatan kaca ini terletak 984 kaki (kurang lebih 300 meter) di atas permukaan tanah. Untuk menyeberanginya, kita memerlukan kira-kira 1.230 langkah kaki. Jembatan ini mengalahkan jembatan yang ada di Grand Canyon, Arizona yang memiliki ketinggian 720 kaki.

Meskipun jembatan kaca tertinggi dan terpanjang ini sudah selesai dibangun, namun tidak akan dibuka untuk umum sampai Mei tahun depan. Menurut Wan Tianbao, salah satu desainernya, jembatan ini sedang dikuatkan agar tidak mengalami “deformasi struktural”. “Ketika banyak orang yang berjalan di atasnya, jembatan akan menghasilkan getaran yang menyebabkan deformasi struktural,” jelas Wan Tianbao. Seperti yang dilansir metro.co.uk

Untuk mencegah hal tersebut, saat ini ia dan timnya meletakkan bola kaca raksasa pada bagian bawah jembatan untuk mengurangi getaran. Satu bola kaca raksasa itu memiliki berat hampir 400 kilogram. Bola-bola kaca raksasa itu ditempatkan secara teratur sesuai dengan langkah kaki pengunjung.

Walaupun sudah dikuatkan, namun pihak pengelola jembatan kaca ini tetap membatasi pengunjung. Hanya boleh ada 800 orang yang menyeberangi jembatan ini secara bersamaan. Siapapun yan berani membuka matanya saat melewati jembatan ini akan melihat pemandangan indah dari Tianmenshan National Forest Park. Taman tersebut disebut-sebut sebagai inspirasi Pandora di film Avatar.


loading...