Latest News

Ini Dia Orang Indonesia Pertama yang Berhasil Jadi Imam Besar Masjidil Haram

Kebanyakan orang berpikir kalau yang menjadi imam besar di Masjidil Haram hanya orang Arab saja. Namun anggapan hal itu tidak benar. Ternyata warga Indonesia tepatnya putra Minangkabau, Sumatera Barat pernah didapuk sebagai imam, khatib dan bahkan menjadi guru besar di sana.

Beliau bernama Syaikh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi Rahimahullah. Syaikh Khatib ini pernah menjadi imam besar di Masjidil Haram, Arab Saudi. Tak hanya itu saja, beliau juga merupakan mufti bermahaz Syafi’I yaitu ulama yang memiliki wewenang untuk memberikan fatwa pada umat di akahir abad ke-19.

Syaikh Khatib lahir di Sumatera Barat pada 26 Juni 1860. Beliau berdarah Koto Gadang, desa yang dikenal memiliki keunikan dan warganya sangat intelek ada zaman kolonialisme.

Beliau bisa menjadi imam besar di Masjidil Haram berawal saat dirinya pergi ke Kota Makkah pada saat itu usianya masih sangat mudi sekitar 9 tahunan.

Setelah tiba di Makkah, beliau berguru dengan beberapa ulama terkemuka. Saking fasihnya, Syaikh Khatib dianggap sebagai tiang tengah dalam mahzab Syafi’i. Sehingga banyak murid mencapai ratusan ribu orang datang kepadanya untuk diajarkan fiqih Syafi’i.

Bahkan ada dua murid diantaranya terkenal di Indonesia yaitu Kyai Haji Hasyim Asy’ari yang mendirikan oragnisasi Nahdatul Ulama dan Kyai Haji Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah.

Syaikh Khatib tidak hanya menguasai ilmu fiqih saja melainkan ada banyak lagi yang dikuasainya. Seperti sejarah, aljabar, ilmu falak, berhitung, dan bahkan geometri. Syaikh Khatib kecil belajar agama pada sang ayah yang bernama Syaikh Abdul Lathif. Sejak dirinya masih kecil sudah bisa menghafal beberapa juz dalam Al-Qur’an dan khatam.

Tapi sayangnya, pada 13 Maret 1916 Syaikh Khatib mengehembuskan nafas terakhirnya. Meskipun beliau telah wafat, namanya akan selalu dikenang terutama bagi kalangan santri dan penerus mahzab Syafi’i. Tapi tidak hanya mereka saja, kita sebagai bangsa Indonesia pun turut bangga pada beliau yang pernah menjadi imam besar pertama di Masjidil Haram.