Cantik! Dua Aliran Sungai ini Berdampingan Tapi Airnya tak Menyatu

Alam selalu memperlihatkan keajaiban dengan cara yang elegan, seperti fenomena alam di Swiss yang satu ini. Dua aliran sungai berbeda warna saling bertemu namun seolah tidak menyatu. Sungai yang satu memiliki air berwarna biru sedangkan satunya berwarna kecokelatan, saat bertemu seakan ada sekat yang membatasi sehingga warna sungai ini seperti terbagi.

Seperti yang dilansir Travelingyuk dari berbagai sumber, dua sungai ini bernama Rhone dan Arve. Warna air yang biru adalah milik Sungai Rhone sedangkan aliran air berwarna cokelat merupakan milik dari Sungai Arve. Sungai ini memiliki hulu yang berbeda pun demikian jalur aliran sungainya. Namun pada satu titik di kawasan La Jonction, mereka saling bertemu dan di sanalah keajaiban terjadi.

La Jonction merupakan suatu daerah yang terletak di bagian barat kota Jenewa, Swiss. Di daerah tersebut terjadi sebuah keajaiban alam berupa pertemuan dua aliran sungai berbeda warna tapi tidak menyatu. Seperti dijelaskan sebelumnya warna biru air sungai Rhone tidak pernah menyatu dengan warna cokelat dari sungai Arve saat mereka saling bertemu. Seakan ada sekat yang membatasi keduanya agar tidak saling bercampur.

Sebagai tambahan informasi, Sungai Rhone mendapatkan pasokan air dari Danau Lehman sedangkan Sungai Arve memiliki hulu dari gletser Lembah Chamonix yang merupakan rangkaian Pegunungan Alpen. Ternyata gletser tersebut mengandung banyak lumpur dan tanah sehingga membuat air berwarna cokelat.

Spot terbaik untuk menyaksikan keajaiban fenomena alam ini adalah dengan berada di atas jembatan Cool Bridge yang terletak di Chemin William-Lescaze 29, 1203 Jenewa. Seperti yang dilakukan oleh seorang traveler dalam foto di atas. Dari jembatan ini kontrasnya dua warna air sungai terlihat dengan jelas.

Jika traveler ingin mendapatkan pemandangan yang lebih jelas lagi, bisa datang pada waktu-waktu tertentu. Menurut sumber lokal, waktu terbaik untuk melihat fenomena alam yang ajaib ini adalah pada akhir musim semi dan awal musim gugur. Warna dari kedua aliran sungai ini akan terlihat sangat jelas. Jangan lupa untuk mengabadikan pemandangan ini.

loading...