Jasad Singa Purba Ditemukan Utuh di Lautan Es

Sesosok jasad anak singa purba ditemukan utuh dalam keadaan beku di wilayah terdingin Rusia. Singa ini adalah singa gua (cave lion) yang sudah punah sejak 10 ribu tahun silam.

Ilmuwan di Akademi Sains Republik Sakha memunculkan serangkaian gambar singa purba itu (26/10/2015). Bulan depan, jasad utuh ini akan dipamerkan ke hadapan publik dunia.

Seperti dilaporkan The Siberian Times, belum diketahui apakah ilmuwan Rusia berhasil mendapatkan material genetik dari mayat tersebut. Jika sudah, tidak menutup kemungkinan singa gua itu dapat 'dihidupkan' kembali melalui proses genetik.

Singa gua hidup di zaman purbakala di sepanjang wilayah Inggris hingga ke Eropa Utara dan Rusia. Singa ini juga ditemukan di Alaska dan Kanada, sebelum akhirnya punah sekitar 10 ribu tahun lalu.

Penemuan terbaru ini disebut jauh lebih besar dari penemuan sebelumnya, karena kali ini jasadnya berada dalam keadaan utuh. Sebelum penemuan terbaru, ilmuwan tidak mengetahui seperti apa wajah singa gua.

Spesies prasejarah itu merupakan famili dekat dari singa Afrika-Asia di zaman modern.

Jasad singa purba itu akan dipamerkan di hadapan komunitas sains dan media internasional di Yakutsk, Rusia, bulan depan. Akan dipamerkan pula jasad gajah mammoth berusia 39 ribu tahun bersama beberapa hewan yang sudah punah lainnya. 

loading...