Jangan Putar Musik Ini, Kalau Tak Ingin Komputer Kamu Rusak!

Apa yang pertama kali kamu pikirkan ketika membaca judul di atas? Itu bukan hal yang mustahil lho ketika kita mengetahui bahwa ternyata ada musik yang dapat membuat komputer kita rusak. Mari kami perkenalkan dengan Blackened Musical Notation atau lebih dikenal dengan nama Black MIDI, dan selamat datang di dunia musik rumit nan “amburadul”.
musik yang bikin Komputer Kamu Rusak

Black MIDI, Musik Aneh Dari Negeri Sakura
Black MIDI adalah musik yang dibuat menggunakan dasar MIDI atau Musical Instrumental Digital Interface. Musik ini disusun berdasarkan ribuan hingga jutaan note yang disusun menjadi satu lagu utuh. Asal kata Black MIDI atau MIDI hitam adalah dikarenakan apabila musik tersebut ditulis dalam notasi standar, maka ia akan membentuk satu barisan padat yang terlihat seperti semua berwarna hitam. Semua terjadi karena musisi yang menciptakan Black MIDI memadatkan jutaan not ke dalam satu musik sehingga menjadi rumit dan sangat penuh.

Biasanya musik Black MIDI mengambil musik yang sebelumnya telah ada dan di-remake menjadi satu kesatuan yang baru. Sebagian diangkat dari soundtrack game dan lainnya diangkat dari musik populer yang telah dikenal masyarakat. Musik Black MIDI yang tercatat menjadi musik pertama dalam sejarah adalah karya dari Shirasagi Yukki. Ia mengaransemen ulang musik latar dari game Touhou Project 6 yang merupakan salah satu game vertical scrolling shooter tergila yang pernah ada. Ia membawakan musik Final Savage Sister Flandre S dan juga menjadi remix pertama terhadap musik tersebut.

Bertahun-tahun kemudian, akhirnya ada juga yang mengikuti langkah dari Shirasagi untuk membuat satu musik rumit berdasarkan soundtrack game yang telah ada sebelumnya, terutama dari game Touhou. Salah satu penerusnya adalah Kakakakaito1998 yang meng-upload video Black MIDI pertamanya ke Nico Nico Douga dan YouTube pada tahun 2011. Melalui langkah Kakakakaito1998 tersebutlah yang membuat para musisi dari negara Asia lain seperti China dan Korea untuk membuat pula karya lainnya yang tidak kalah rumit dan gila.
not black midi

Komputer Nge-lag dan Soundcard Pecah Sudah Biasa
Pembuatan Black MIDI ini biasanya menggunakan aplikasi-aplikasi musik yang sebelumnya sudah terkenal. Beberapa di antaranya malah tidak dirancang untuk membuat notasi padat seperti itu.

Aplikasi-aplikasi tersebut antar lain adalah FL Studio, Synthesia, SynthFont, Piano From Above, Domino, MIDITrail, Anvil Studio, hingga vanBasco’s Karaoke Player. Dapat dilihat di antara nama-nama tersebut ada Synthesia yang justru digunakan sebagai software pengajaran piano bagi pemula, namun “diselewengkan” menjadi aplikasi powerful untuk membuat Black MIDI. Maka dari itu, sudah sering sekali kasus pembuatan Black MIDI diselingi dengan soundcard yang tidak kuat atau bahkan komputer menjadi rusak. Bayangkan saja, aplikasi-aplikasi tersebut diminta untuk memainkan jutaan not hanya dalam waktu 5-6 menit saja. Dibutuhkan komputer berspesifikasi kuat ditambah dengan soundcard yang powerful.

Gimana gak lag, notnya aja ribet kayak gitu

Coba kamu pikirkan, bagaimana jadinya komputer rumahan kamu atau bahkan laptop yang kini sedang kamu gunakan, diminta untuk memainkan file MIDI asli dari musik-musik tersebut? Pasti sudah kacau balau. Tapi tenang dulu, untuk kamu yang ingin menikmati Black MIDI namun tanpa risiko, kamu tinggal buka YouTube saja. Disana ada banyak video yang merekam aktifitas dari aplikasi-aplikasi pembuat Black MIDI sedang memainkan musik-musik tertentu, tanpa kamu harus mengunduh file asli dari MIDI tersebut.

(Peringatan keras: Video Black MIDI diharapkan tidak disaksikan oleh pengidap epilepsi karena mengandung grafik berwarna yang memusingkan)

loading...