Chand Baori, Sumur Kuno Terdalam dan Terbesar di Dunia

Chand Baori di  desa Abhaneri di bagian timur Rajasthan, India, adalah salah satu landmark yang paling tidak bisa diabaikan di negara ini. Ini adalah salah satu sumur tangga (stepwell) tertua di Rajasthan, dan dianggap sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Chand Baori terlihat seperti apa pun kecuali sebuah sumur. Struktur persegi yang luar biasa ini memiliki 13 lantai yang mendalam, dan berjajar di sepanjang dinding di tiga sisi adalah anak-anak tangga ganda. Ada 3.500 anak tangga sempit diatur dalam simetri yang sempurna menurun ke dalam sumur yang berkedalaman 20 meter menuju ke genangan air hijau yang keruh.

Sumur Kuno Terdalam dan Terbesar di Dunia

Dibangun pada abad ke-8 dan ke-9 oleh Raja Chanda dari Dinasti Nikumbha, untuk menyediakan  sumber air yang diandalkan selama berabad-abad untuk daerah sekitarnya sebelum sistem pengirimana air modern diperkenalkan. Air hijau di dasar sumur membuktikan, sumur tidak lagi digunakan, tapi struktur arsitektur yang mengesankan yang berusia lebih dari 1000 tahun, tetap menarik orang untuk mengunjunginya. Ada juga sebuah kuil yang berdampingan dengan sumur itu untuk dikunjungi.

Sumur tangga (Stepwells), juga disebut bawdi atau Baori, adalah khas India. Sumur ini memiliki tangga-tangga yang dibangun ke sisi yang bisa dituruni untuk mencapai air di bagian bawah. Sumur tangga umumnya lebih besar dari sumur pada umumnya dan signifikan secara arsitektural, seperti Chand Baori.

Sumur Kuno Terdalam dan Terbesar di Dunia

Kompleksitas geometrik yang seakan muncul tanpa henti didinding sumur adalah tangga-tangga dan lintasan yang memastikan bahwa orang-orang Rajput memiliki akses ke air setiap saat sepanjang tahun, dan dari semua sisi. Alasan di balik pembangunan tangga-tangga yang rumit juga tidak sepenuhnya jelas. Beberapa percaya bahwa itu digunakan sebagai tempat pemanenan air. Rajasthan adalah tempat yang kering, dan karenanya, setiap ons air sangat berharga. Besarnya mulut sumur berfungsi sebagai corong penangkapan hujan yang berkontribusi pada air yang merembes masuk dari batuan berpori di bagian bawah. Selain sebagai sumber air, Chand Baori juga menjadi tempat pertemuan komunitas bagi penduduk setempat Abhaneri. Warga kota menggunakan sumur ini untuk duduk-duduk disekelilingnya sambil mendinginkan tubuh (ngadem) selama hari-hari musim panas. Di bagian bawah sumur udaranya selalu sekitar 5-6 derajat lebih dingin daripada di atas.

Sumur Kuno Terdalam dan Terbesar di Dunia

Tangga tangga mengelilingi sumur pada tiga sisi, sementara sisi keempat memiliki seperangkat paviliun yang dibangun satu di atas yang lain. Sisi yang memiliki paviliun memiliki relung dengan patung-patung yang indah, termasuk ukiran keagamaan. Bahkan ada tempat tinggal kerajaan dengan kamar untuk Raja dan Ratu dan panggung untuk pertunjukan seni.

Sumur Kuno Terdalam dan Terbesar di Dunia

Chand Baori pernahi ditampilkan dalam film The Fall dan juga sedikit ditampilkan di filmnya Christopher Nolan, yaitu The Dark Knight Rises.

Sumur sekarang menjadi harta karun yang dikelola oleh Archeological Survey of India.

loading...