Cara Selamatkan Ponsel yang Terendam Air

Cara Selamatkan Handphone yang Terendam Air - Pernah mengalami kejadian seperti ini? Anda sedang beraktivitas santai sembari memegang ponsel tiba-tiba ponsel anda terjatuh, dan yang lebih parahnya lagi, ponsel anda terjatuh ke dalam air. Bila ponsel anda termasuk ponsel yang tahan air tentu saja ini bukan masalah untuk anda, akan tetapi sebagian besar pemilik ponsel sekarang ini memiliki ponsel yang masih rentan terhadap masalah yang satu ini.

Di bahasan kali ini kita ingin membahas bagaimana cara menyelamatkan ponsel yang terendam air.

1. Angkat ponsel anda dari air

Ini adalah langkah paling pertama yang harus anda lakukan, bahkan sebelum anda mematikan ponsel anda.

2. Segera matikan ponsel anda

Setelah anda mengevakuasi ponsel anda dari air, jangan langsung mencoba ponsel anda akan tetapi langsung matikan ponsel anda, langkah ini dilakukan untuk menghentikan aliran listrik yang ada di ponsel sebelum air memasuki komponen dan menyebabkan hubungan pendek.

3. Lepaskan segala aksesoris, baterai , SIM Card dan Micro SD

Setelah ponsel dimatikan, segera lepaskan semua aksesoris ponsel seperti earphone dan casing untuk mempermudah proses pengeringan ponsel, lepaskan baterai (bila memungkinkan), SIM Card dan MicroSD (bila ada). Kebanyakan komponen elektronik dalam ponsel bisa selamat meskipun terkena air selama tidak ada aliran listrik dari baterai.

4. Keringkan dengan handuk dan vacuum cleaner

Gunakan handuk untuk mengelap bagian ponsel yang terkena air, upayakan agar posisi ponsel stabil saat anda melakukan hal ini agar air yang ada didalam ponsel tidak bergerak ke sana ke mari. Perhatikan juga agar jangan ada serat-serat handuk yang tersangkut di sela-sela ponsel. Kemudian gunakan vacuum cleaner untuk menyedot air yang mungkin terperangkap di dalam ponsel. Saat menggunakan vacuum cleaner jangan terlalu dekat dengan ponsel karena vacuum cleaner bisa menyebabkan listrik statis yang dapat merusak ponsel.

5. Singkirkan kelembapan bagian dalam ponsel

Kelembapan bagian dalam ponsel mungkin tidak terjangkau oleh handuk dan vacuum cleaner, salah satu mengatasi hal ini adalah dengan menaruh komponen ponsel anda dalam tumpukan beras kering dalam wadah plastik yang tertutup rapat dan biarkan di sana semalaman.

6. Coba nyalakan, bila gagal segera kunjungi service centre

Jika anda sudah melakukan semua cara tersebut diatas, saatnya anda mencoba menyalakan kembali ponsel anda, bila gagal anda bisa segera mengunjungi service centre terdekat untuk menyelamatkan ponsel anda. Apabila harga perbaikan ponsel anda terlampau mahal, mungkin sudah saatnya anda mempertimbangkan membeli ponsel baru. Ponsel yang memiliki fitur anti air bisa menjadi salah satu alternatif ponsel baru anda.

Semoga tips dan trik ini membantu anda menyelamatkan ponsel anda yang terendam, yang paling penting, berhati-hatilah agar ponsel anda tidak terendam dalam air.

loading...