5 Pengusaha Muslim Terkaya Indonesia

Sepak terjang pengusaha muslim dalam kancah bisnis di Tanah Air tak bisa dipandang sebelah mata. Dari bisnis media, bank, alat berat, hingga tambang menjadi ladang uang bagi para pebisnis ini.

Di jajaran 50 orang terkaya Indonesia yang dikeluarkan Forbes, Dream menemukan setidaknya ada lima pengusaha muslim Indonesia dengan harta berlimpah.

Satu dari lima orang pengusaha muslim ini bahkan masuk dalam 10 besar miliarder terkaya di Indonesia.

Forbes dalam laporan terbarunya ini membatasi syarat sebagai orang terkaya dengan minimal kekayaan US$ 500 miliar. Batas terkecil ini naik dari pemeringkatan sebelumnya.

Mengutip laporan terbaru Forbes yang terbit 15 Desember lalu, berikut adalah lima orang terkaya muslim Indonesia:

1. Arifin Panigoro
5 Pengusaha Muslim Terkaya Indonesia

Usia: 69 tahun
Kekayaan: US$ 680 miliar
Sumber: Minyak
Peringkat Forbes Indonesia: 43

Siapa tak kenal dengan Medco Energi, perusahaan minyak nasional yang mempunyai ladang minyak di Libya. Dibalik kesuksesan Medco munculah nama Arifini Panigoro.

Selain Medco, Arifin Panigoro yang pernah menciptakan liga sepakbola nasional, Indonesia Premier League, ini juga memiliki saham di perusahaan pertanian dan jasa.

Belum lama ini, harta Arifin Panigoro bertambah gemuk setelah dia menjual 33 persen sahamnya di Bank Saudara. Investor Korea, Woordi Bank sejak Januari lalu telah menjadi pemegang saham baru bank tersebut.

2. Garibaldi Thohir
5 Pengusaha Muslim Terkaya Indonesia

Usia: 94 tahun
Kekayaan: US$ 855 juta
Sumber: Batu bara
Peringkat Forbes Indonesia: 37

Diantara pengusaha muslim dalam daftar Forbes Indonesia 2014, Garibaldi merupakan yang termuda. Menjalankan bisnis di sektor batu bara, harta Garibaldi terus bertambah.

Harapannya membangun pembangkit listrik bernilai US$ 450 juta diharapkan bisa membuat produk batubaranya semakin melimpah. Lewat Adaro Energy, nama Garibaldi Thohir semakin melejit.

Dengan nama panggilan Boy, Garibaldi mengambil alih Adaro bersama empat rekannya di kala berusia 40 tahun.

Selain batubara, ambisi terbaru Garibaldi adalah memiliki 25 hotel sampai 2017 dan mengembangkan bisnis restoran. Boy memang memiliki lisensi dari perusahaan franchise Korea Selatan Kyochon.

3. Aksa Mahmud

Usia: 69 tahun
Kekayaan: US$ 860 juta
Sumber: Semen
Peringkat Forbes Indonesia: 36

Raja dari kawasan Timur mungkin pantas disematkan bagi Aksa Mahmud. Lewat bendera Bosowa Corp, Aksa mengoperasikan 8 pabrik semen di Indonesia.

Sejak semula, pria yang mengantongi kekayaan US$ 860 juta ini memang tertarik dari material bahan bangunan dan konstruksi.

Ketertarikan Aksa berkembang makin jauh setelah mulai membangun jalan tol di Jawa dan Sulawesi sejak 1998.

4. Achmad Hamami

Usia: 84 tahun
Kekayaan: US$ 1,2 miliar
Sumber: Alat berat
Peringkat Forbes Indonesia: 28

Sebelum menjadi pebisnis handal, Achmad Hamami berprofesi sebagai pilot dengan pangkat terakhir kolonel.

Bekas pengajar privat matematika ini menjalankan gurita bisnis alat berat lewat bendera Trakindo Utama. Perusahaan inilah yang menjadi satu-satunya distributor produk Caterpillar di Indonesia.

Hamami belum lama ini juga membeli izin franchise restoran burger Carl's Jr dan LOKA Supermarket.

Selain Trakindo Utama, Hamami dilaporkan memiliki saham di perusahaan properti, TI, bank, dan energi.

5. Chairul Tanjung

Usia: 52 tahun
Kekayaan: US$ 4,3 miliar
Sumber: Aneka usaha
Peringkat Forbes Indonesia: 6

Siapa yang tak kenal dengan Chairul Tanjung? Pengusaha pemilik perusahaan media ini pernah didaulat menjadi Menteri Koordinator Perekonomian di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dengan kekayaan US$ 4,3 miliar, Chairul Tanjung menempati posisi keenam orang terkaya Indonesia. Kepak bisnisnya semakin melebar meski dirinya sempat duduk di pemerintahan.

Perusahaan media Chairul Tanjung di bawah bendera Transcorp baru-baru ini menjalin kerjasama dengan Turner Broadcasting untuk meluncurkan CNN Indonesia.

Kerajaan bisnis Chairul Tanjung juga tersebar di bidang perbankan, serta menjadi kepanjangan tangan dari produsen merek ternama seperti Versace, Mango, dan Jimmy Cho.

loading...