Latest News

Rumor iPhone 7 Siap Dirilis, Spesifikasi Gahar dan Harga Sekitar 13 juta?

konsep iphone 7
techradar.com
Ada informasi mengenai bocoran iPhone 7 yang kabarnya bakal dirilis tahun 2015 ini. Seperti apa sih fitur terbaru iPhone 7 ? Berapa harga iPhone 7 dan seperti apa spesifikasinya ? Dan kapan tanggal rilis iPhone 7. Semua mengenai rumor tersebut ada disini, simak yaaa !


iPhone 7 masih dalam bentuk prototipe dan pihak Apple pun belum mengumumkan secara resmi mengenai konsep yang akan diusung dan spesifikasi apa saja yang akan menjadi kelebihan di iPhone terbaru itu. Bocoran demi bocoran telah beredar dan menurut beberapa pihak iPhone 7 akan mengusung konsep yang berbeda dengan beberapa iPhone pendahulunya. Fitur apa saja yang akan dihadirkan dalam iPhone 7 terbaru ? dan kapan kira-kira iPhone 7 akan hadir di Indonesia ? Gaptequ telah merangkumnya dan mari kita simak.

Ukuran Layar iPhone 7
Banyak pihak yang menyebut bahwa iPhone 7 akan hadir dengan ukuran layar berkisar antara 4,7 inci, dan ada pula yang menyebut bahwa iPhone 7 akan hadir dengan layar yang lebih kecil bahkan lebih besar. Beberapa sumber juga mengatakan, layar Apple iPhone 6 Plus yang beredar selama ini terlalu lebar dan Apple akan mempersempit ukuran tersebut sehingga pas di genggaman namun dengan resolusi yang jauh lebih tinggi.

Entah rumor mana yang bisa dipercaya, namun sejauh ini beberapa pihak menyebutkan, ukuran 4,7 inci menjadi kemungkinan paling ideal yang akan digunakan oleh Apple. Dan sejauh ini, bocoran yang beredar menyatakan bahwa resolusi dari layar 4,7 inci tersebut memungkinkan untuk memiliki ketajaman 1920 x 1080 piksel dengan kerapatan 401 ppi. Adapun material yang digunakan adalah Sapphire Glass sebagai proteksi terhadap benturan dan goresan.

Dimensi iPhone 7
Apple iPhone 7 disebut-sebut akan memiliki dimensi yang lebih ramping dengan bobot yang lebih ringan seperti halnya iPhone 5. Spesifikasi yang kini beredar, iPhone 7 akan memiliki ketebalan 6,1 mm, lebih tipis 1mm dibanding iPhone 6 Plus dan 0,8 mm dibanding iPhone 6. Bobot perangkat iPhone 7 berkisar antara 114 gram termasuk baterai didalamnya.

Kamera iPhone 7

iPhone 5 dan iPhone 6 menggunakan sensor kamera yang sama yaitu dengan resolusi 8 MP, akankah sensor yang sama digunakan dalam iPhone 7 ? Jika melihat rival Apple yang lain, kebanyakan sudah menggunakan kamera dengan resolusi 16 MP. Kali ini, Apple nampaknya menggunakan sensor yang berbeda, resolusi 12 MP disebut-sebut akan menemani pengguna iPhone 7 untuk mengabadikan momen berharganya. Tak hanya itu, kamera depan juga memiliki resolusi yang jauh lebih tinggi dari pendahulunya yaitu sebesar 5 MP.

Memori iPhone 7
Jika pada Apple iPhone sebelumnya memori internal yang digunakan adalah 16GB hingga 128GB, iPhone 7 tak lagi memberikan pilihan memori 16 GB. Paling rendah, iPhone 7 akan dibekali dengan ruang penyimpanan sebesar 32 GB dan tentu saja harga terendah untuk versi ini akan jauh lebih mahal.

Sementara untuk RAM, iPhone 7 disebut-sebut akan memiliki RAM sebesar 5 GB.  Dimana saat ini penggunaan RAM terbesar untuk kategori samrtphone adalah 4 GB dan tentu saja jika kabar tersebut menjadi kenyataan maka iPhone 7 akan menjadi smartphone dengan RAM terbesar.

Chipset dan Grafis

Pada Apple iPhone 6, chipset yang digunakan adalah Apple A8 yang memiliki dua inti (dual-core) dengan kecepatan 1,4 GHz. iPhone 7 kemungkinan akan menggunakan chipset yang lebih baru antara A9 bahkan A10 yang memiliki 4 inti. Sementara untuk grafis (GPU), iPhone 7 diperkirakan akan menggunakan chip yang sama yaitu PowerVR GX6450 dengan quad-core graphics processing unit.

Sistem Operasi

Sampai saat ini smartphone terbaru Apple iPhone 6 memiliki sistem operasi iOS8 dan rilis terbaru / update untuk sistem operasi ini adalah versi 8.3. iPhone 7 dikabarkan akan menggunakan sistem operasi terbaru yang tengah dipersiapkan yaitu iOS9 dengan sederet fitur terbaru dengan mengutamakan penghematan daya.

Wireless Charging

Ini adalah fitur yang ditunggu-tunggu dan kabarnya Apple iPhone 7 akan memiliki teknologi ini. Proses charging dapat dilakukan secara nirkabel, pengguna hanya perlu meletakkan iPhone 7 pada dock yang sudah disediakan. Sementara untuk dock yang dimaksud belum diberitakan apakah akan penjadi paket penjualan iPhone 6 atau harus dibeli secara terpisah. Pertanyaan tersebut sering terlintas di benak user mengingat opsi charging lewat kabel masih disediakan.

Stereo Audio

Apple iPhone 7 akan dibekali dengan audio HiFi stereo dengan posisi speaker yang berada pada ujung atas dan bawah. Fitur ini akan bekerja secara otomatis saat perangkan diposisikan secara horizontal.

Tanggal Rilis Apple iPhone
Pemberitaan di media yang beredar sampai saat ini menyebutkan bahwa iPhone 6 dan iPhone 7 akan dirilis pada tahun yang sama, 2015 ini. Memang belum ada kepastian dan selama ini Apple dikenal selalu merilis produknya setahun sekali dan jika benar Apple akan merilis smartphone Apple terbarunya maka ada kemungkinan penjualan iPhone 6 tak akan maksimal.

Sejauh ini pemberitaan media menyebutkan, kuat dugaan Apple akan merilis produk smartphone terbarunya Aple iPhone 7 pada bulan september 2015 atau kuartal ketiga.

Harga Kisaran Apple iPhone 7
Saat ini Apple iPhone 6 dibanderol dengan harga lebih dari 12 juta Rupiah untuk versi terendah. Apple iPhone 7 diperkirakan akan berada pada kisaran harga yang sama untuk versi yang sama dan selama ini diferensiasi harga didasarkan pada penggunaan memori internal. Bisa dipastikan, pada iPhone 7 memori internel terendah adalah 32 GB dan harga kisaran yang dapat diperkirakan untuk versi terendah adalah berkisar antara 12 - 13 jutaan

Kesimpulan
Walaupun kehadiran dan tanggal rilis belum dapat diperkirakan secara pasti namun melalui kabar yang beredar smartphone terbaru Apple, iPhone 7, akan ikut meramaikan dunia gadget pada akhir 2015. Yang menarik dari iPhone 7 salah satunya adalah fitur wireless charging dimana fitur ini akan mempermudah pengisian daya. Selain itu, iPhone 7 dikabarkan akan memiliki varian warna baru, emas dan tembaga yang menjadi pilihan menarik.