Pohon di Swedia Diklaim Lebih Tua dari Zaman Nabi Nuh

Sebuah pohon di Swedia diklaim sebagai pohon tertua di dunia. Bahkan, pohon jenis spruce ini diklaim berusia mendekati 10.000 tahun.

Dari tes radiokarbon, setidaknya usia pasti pohon itu menyentuh angka 9.550 tahun.

Menurut meme yang belakangan beredar di media sosial, pohon tersebut diperkirakan lebih tua dari masa Nabi Nuh. Hal ini mengacu dari klaim ilmuwan Injil yang mengatakan peristiwa banjir bah Nabi Nuh terjadi pada 1.656 sebelum masehi.

Dari liputan National Geographic, keberadaan pohon itu dipastikan di Provinsi Dalarna.

Pernyataan serupa terkait usia pohon spuce ini juga dikuatkan oleh Universitas Umea. Namun, usia ribuan tahun itu hanya terdapat pada bagian akarnya, sementara batang setinggi 4 meter itu hanya berkisar puluhan tahun.

"Ketika ada bagian akar yang mati, sudah ada jaringan baru dari akar yang sama," kata Leif Kullman, guru besar ekologi dan lingkungan Universitas Umea.

Meski demikian, ilmuwan dunia masih memperdebatkan klaim pohon yang biasanya dijadikan hiasan natal ala Swedia itu sebagai tumbuhan tertua.

Sejauh ini, predikat pohon paling tua disematkan untuk pinus di California, Ameriksa Serikat yang ditaksir mencapai usia 5 ribu tahun lebih.

loading...