Peralatan Masak Aluminium Berbahaya Bagi Kesehatan?

Peralatan yang terbuat dari aluminium adalah benda yang umum digunakan di banyak rumah. Biasanya aluminium banyak digunakan sebagai bahan pembuat alat-alat masak.

Namun, tahukah Anda bahwa peralatan masak yang terbuat dari aluminium sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatan?

Ya, aluminium bisa menyerap dan larut ke dalam makanan ketika proses memasak. Di dalam tubuh, aluminium pun ikut diserap dan masuk ke dalam aliran darah, kemudian dapat menumpuk di dalam organ, sehingga berdampak buruk pada kesehatan.

Salah satu alasan mengapa peralatan aluminium buruk bagi kesehatan adalah karena mereka mengandung partikel yang disebut ion. Ion ini berbahaya bagi otak dan terus-menerus menggunakan peralatan masak aluminium dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

Aluminium ini juga buruk bagi ginjal, terutama untuk pasien yang berada dalam pengobatan dialisis. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menggunakan peralatan masak yang terbuat dari aluminium. Pilih peralatan dari stainless steel yang lebih aman.

Masih belum percaya? Berikut ini adalah beberapa bahaya peralatan masak aluminium bagi kesehatan seperti yang dilansir dari Times of India:

Sistem saraf
Terlalu sering menggunakan peralatan masak dari aluminium dapat memengaruhi sistem saraf. Ini juga menjadi salah satu penyebab untuk Alzheimer.

Merusak memori
Peralatan masak aluminium buruk bagi kesehatan karena memiliki efek yang cepat pada otak manusia. Terbiasa menggunakannya hanya akan menyebabkan penyakit otak dan gangguan memori. Menurut peneliti, saat memasak dengan peralatan aluminium, ion akan terekspose pada alat masak yang telah mengelupas dan tercampur dengan makanan. Ini lah yang akan membahayakan otak dan menyebabkan Anda kehilangan memori.

Lesu
Jika Anda adalah pengguna peralatan masak aluminium, perhatikan jika Anda memiliki tanda-tanda penyakit yang tidak biasa seperti lelah dan lesu. Segera periksa kesehatan ke dokter.

Osteoporosis
Aluminium mengurangi pertumbuhan tulang dan menyebabkan predisposisi kemudian pada akhirnya osteoporosis. Ini adalah salah satu dari banyak alasan mengapa wanita menderita kesehatan tulang pada usia yang lebih muda.

Merusak ginjal
Bila Anda menggunakan alat masak aluminium selama periode waktu yang lama, itu bisa memengaruhi kondisi kesehatan usus besar, ginjal dan darah.

Kanker
Meskipun belum ada studi yang membuktikan bahwa aluminium memiliki dampak langsung menyebabkan kanker, banyak ahli yang meyakini bahwa aluminium mampu mengganggu keseimbangan usus besar sampai batas di mana usus menjadi rentan terhadap kanker.

loading...