Banyak Diskon? Ini Cara Menjaga Hati Untuk Tetap Hemat

Medekati Lebaran seperti sekarang ini, toko, butik, bahkan mall lagi gencar-gencarnya menawarkan diskon besar-besaran. Aneka barang mulai dari pakaian, sepatu, tas, bahkan sampai produk elektronik pun banting harga demi memikat banyaknya daya beli masyarakat menjelang Lebaran. Nggak tanggung-tanggung diskon yang ditawarkan bisa dibilang gila-gilaan, nggak jarang para retailer ini mematok diskon sampai angka 80 %.

Banyaknya diskon ini lantas bikin kita gelap mata, hati rasanya nggak tega kalau potongan harga ini disia-siakan begitu saja. Eits, namun ingat masih ada hari-hari berikutnya setelah Lebaran. Nah, buat kalian yang nggak kuat dengan godaan diskon namun harus tetap berhemat untuk kelangsungan hidup setelah Lebaran, seperti yang dilansir Suara Merdeka, dibawah ini beberapa tips supaya kamu tahan iman untuk nggak kalap dalam menghadapi diskon.

Hati-Hati dengan Angka Sembilan
Yes, banderol diskon memang menggiurkan namun lihat lagi, price tag yang tertera. Apakah disana tertera angka sembilan pada dua digit terakhir? Kalau ya, maka kalian perlu berhati-hati. Sejatinya angka sembilan di belakang adalah manipulasi supaya harga yang terbaca lebih murah dari harga asli. Padahal apabila yang tertera Rp 199.000,00 maka sama saja dengan Rp 200.000. Oleh karena itu telitilah sebelum membeli, apakah barang yang dibeli itu worth it atau nggak dengan harga segitu.

Sale Beli Dua Gratis Satu
Sama seperti diatas, iming-iming beli dua gratis satu juga bahaya banget bagi kesehatan dompet. Bayangkan saja, ketika kita tergiur dengan iming-iming diskon jenis ini, maka kalian hanya akan mendapatkan keuntungan yang sedikit namun dipaksa untuk membeli tiga barang sekaligus. Ini juga trik retailer untuk menghabiskan stok barang digudang tanpa harus banting harga. Jadi kalau ketemu diskon macam ini, luruskan niat, karena kalian hanya butuh satu potong baju saja, bukan tiga.

Waspada Produk Lama Di letakkan bersebelahan dengan produk baru
Salah satu trik lain adalah dengan meletakkan barang baru disamping barang lama. Tentunya barang baru dengan banderol yang lebih mahal, sedangkan barang lama dengan banderol yang lebih murah. Bagi para pencari diskon, barang dengan price tag yang lebih murah diantara barang dengan harga mahal disekelilingnya merupakan sebuah oase di padang nan tandus. Alhasil, mana yang akan diambil? Tentunya yang berharga lebih murah, padahal kalian tahu, yang lebih murah adalah barang lama yang lama nggak laku. Dan lagi-lagi siapa yang dirugikan? Kita.

Nah, terapkanlah tiga tips tadi guys, niscaya kamu bakal jadi smart buyer yang sukses berhemat di hari Lebaran.

loading...