4 Kawah Paling Indah di Dunia

Kawah terbentuk dari letusan gunung berapi atau hantaman benda langit. Beberapa di antaranya menjadi bagian Situs Warisan Dunia.

Berikut kawah paling indah di dunia dilansir Foxnews (12/7/2015):

1. Ngorongoro Crater, Tanzania
photo by: Robert Barnett
Ngorongoro Crater merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang populer untuk tujuan safari. Ngorongoro Crater terbentuk dari erupsi gunung berapi yang menghasilkan kawah seluas 160 mil dan kedalaman 609 meter.

Kawasan kawah ini memiliki setidaknya 25 ribu hewan liar, termasuk badak hitam yang terancam punah, zebra, macan tutul dan memiliki populasi singa terpadat di dunia.

2. Orongo Crater, Easter Island

Orongo Crater yang berada di Easter Island, pulau milik Chili ini merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Anda bisa mendaki ke gunung jika ingin melihat kawah seluas satu mil dan kedalaman 198 meter yang terisi dengan air hujan ini. Anda juga bisa menyaksikan Patung Moai dari batu vulkanik yang diukir oleh penduduk Rapa Nui yang tinggal di sekira pulau ini.

3. Henbury Meteorites Craters, Australia

Kawasan Cagar Konservasi Meteorit Henbury memiliki 12 kawah yang berbeda. Semuanya terbentuk ketika meteor Henbury melesat ke Bumi dengan kecepatan 25 ribu mil per jam pada 4.700 tahun yang lalu. Potongan meteor Henbury yang diyakini terbuat dari besi dan nikel telah ditemukan di kawasan ini. Pengunjung yang ingin menyaksikan kawah ini bisa datang menggunakan mobil. Waktu terbaik untuk mengunjungi kawah ini adalah pada bulan-bulan dingin dari April sampai September.

4. Ramon Crater, Israel

Ramon Crater merupakan kawah menakjubkan yang terletak di Gurun Negev, Israel. Kawah ini memiliki panjang 25 mil dan lebar 6 mil dan merupakan cagar alam yang melindungi beberapa hewan liar seperti Ibex, burung bangkai dan beberapa reptil. Kawasan ini juga menawarkan pemandangan unik yaitu The Saw Mill, sebuah fenomena geologi di mana batu pasir membentuk seperti tumpukan papan kayu.

loading...