Kelinci Ili Pika, Spesies Hewan Terlangka di Bumi

Kelinci Ili Pika, Spesies Hewan Terlangka di Bumi
Akibat ulah manusia, banyak hewan yang terancam punah bahkan sudah lenyap dari muka bumi. Saat ini kita boleh sedikit berbahagian karena beberapa waktu lalu terjadi kemunculan kelinci ajaib Ili Pika, spesies hewan terlangka di bumi.

Anda mungkin belum pernah mendengar salah satu spesies paling terancam punah di dunia yang berwujud lucu ini. Namanya adalah Ili Pika, satu spesies kelinci yang di tempat asalnya, Tiongkok, kini populasinya ditaksir kurang dari 1.000 ekor. Dalam 20 tahun terakhir, ini adalah pertama kalinya seekor Ili Pika berhasil ditangkap oleh kamera.

Ili Pika sendiri pertama kali ditemukan pada tahun 1983 di Pegunungnan Tianshian, Tiongkok Utara. Sayangnya sejak saat itu para ahli memperkirakan telah terjadi penurunan populasi hingga 70%. Ili pika sendiri merupakan kerabat jauh dari kelinci. Akan tetapi peneliti hanya mengetahui sedikit sekali informasi tentang Ili Pika karena spesies ini sangat langka.

Foto Ili Pika yang menggembirakan dunia tersebut diambil oleh Li Weidong. Ia merupakan seorang pemerhati lingkungan yang sadar bahwa spesies ini sudah begitu terancam punah. Li Weidong sendiri mengaku merasa bersalah dan sedih saat melihat Ili Pika yang keberlangsungan hidupnya terancam tersebut.

Menurut Li Weidong dan sejumlah konservasionis lainnya, kemunculan kelinci ajaib Ili Pika, spesies hewan terlangka di bumi tersebut bisa jadi merupakan yang terakhir kalinya. Menurut mereka pemanasan global merupakan salah satu alasan penyebab kepunahan hewan lucu ini.

loading...