5 Kota Eropa Yang Menjadi Sejarah Kebesaran Islam

Tak terasa bulan puasa sudah dekat mendatangi kita .Rasa senang,ceria,bahagia dan hati terasa adem ayem itulah yang kurasakan ketika bulan suci umat islam ini menghampiri diriku dan mungkin semua para pengikut nabi muhammad. balan ramadhan memberikanku suatu suasana tersendiri ketika aku bisa menjalankan puasa ditengah padatnya jadwal keseharianku. Bagi anda yang suka berpetualang dan ingin merasakn sensasi baru ketika bulan puasa anda bisa mengunjungi blog.halaltrip.com, blog inilah yang akan memberikan lima ide menarik tentang tur ke kota-kota dengan sejarah Islam. Penasaran Kota mana saja ? Yuk kita intip lima kota di Eropa Barat yang memiliki warisan peradaban Islam.

1.Wina



wina adalah sebuah kota di Austria, wilayah ini menjadi ibu kota negara sekaligus kota terbesar di Austria. Berawal dari kegagalan kekaisaran Ottoman menduduki ibukota Austria pada tahun 1529 dan 1683yang dpimpin oleh panglima perang Kara Mustafa. Tidak ada yang menyanka bahwa aksi pengepungan militer tersebut rupanya menjadi proses kulturasi budaya dari kedua negara. Hal itu terlihat dari arsitektur kota dan beberapa lukisan dinding yang mengingatkan tentang pengepungan militer itu. Anda juga bisa menemukan Yunus-Emre-Fountain, yang terletak di Trkenschanzpark, yang merupakan hadiah dari Turki untuk Austria pada tahun 1991.

2.Algarve



Yang kedua adalah kota Algarve,Berasal dari kata Arab "al gharb" yang berarti " Sang Barat". Kota yang berada di wilayah paling selatan daratan Portugal ini pernah menjadi perbatasan barat dari kerajaan Moor. Arsitektur kota ini sangat dipengaruhi oleh masa pemerintahan kerajaan Moor, yang notabenenya adalah kerajaan Islam.Sejarah Islam di Portugal.

3.Sevilla


Kota ini pernah dijadikan pusat dari raja-raja kekhalifahan Umayyah dan merupakan salah satu kota terindah di jantung Spanyol. Sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, kota ini memiliki arsitektur yang masih kental dengan nafas Islam. Anda bisa mengunjungi Katedral Giralda, yang dulu pernah dikenal sebagai Masjid Agung.

Berbicara tentang Sevilla juga tak luput dari sejarah Islam masa lalu. Hikmahnya, sejak tinggal disini saya semakin tertarik untuk belajar sejarah Andalusia. Pada masa kekhalifahan Al-Muwahhid, Sevilla merupakan ibukota dari Andalusia. Saat itu Sevilla merupakan pusat dari pengetahuan Islam, terutama dalam bidang seni dan budaya. Ornamen khas Islam dan penggunaan desain geometris dikembangkan dalam masa kekhalifahan ini. Salah satu peninggalannya adalah Masjid Agung yang saat ini hanya tersisa bagian menara adzan-nya, La Giralda.

4.Cordoba

ibu kota andalusia, pusat peradaban di seluruh dunia, kota yang bertebaran lampu-lampu dimalam hari ketika bangsa eropa masing asing dengan barang yang menyala itu , siapa lagi kalu bukan cordoba. Ya ... The city of light abad reinesanss eropa . kota yang menjadi pusat peradaban di seluruh dunia , yang juga telah melahirkan ilmuan-ilmuan terkemuka dari berbagai bidang, averroes atau Ibnu Rush adalah salah satunya.

5.Alhambra

Alhambra adalah tempat yang wajib dikunjungi, saat kita datang ke Spanyol. Alhambra dibangun pada pertengahan abad ke-14 sebagai kompleks istana dan perbentengan. Kini Alhambra menjadi salah satu pusat wisata yang banyak dikunjungi oleh turis mancanegara. 

Berminat untuk mengunjunginya? Tak ada salahnya untuk menyambut bulan suci ramadan dengan petualangan seru ke kota-kota dengan sejarah Islam. Yuk sambut bulan suci ramadan dengan penuh sukacita!

loading...