10 Jenis Donat dari Seluruh Dunia

Siapa yang tak kenal donat? Roti Goreng ala Amerika yang bolong di bagian tengahnya ini ternyata memiliki kreasi yang berbeda di belahan Negara lain. Mulai dari nama, bentuk, bahan isian, dan juga topping-nya. Berikut 10 jenis donat dari berbagai negara.

Tim Bits

Adalah makanan sejenis donat yang populer di Kanada. Donat jenis ini memiliki kesamaan rasa dan bahan baku dengan donat biasanya. Bedanya, Tim Bits hanya berukuran sebesar lubang donat, memiliki variasi warna, dan menggunakan stik sebagai pegangannya.

Paczki

Adalah donat tradisional yang dijadikan hidangan istimewa saat karnaval di Polandia dan negara bagian Amerika Serikat yang memiliki permukiman orang Polandia seperti Detroit, Michigan, Milwaukee, dan Wisconsin.Uniknya, panganan jenis ini tidak bolong tengahnya, namun berbentuk bundar kembung yang diisi selai sebelum digoreng.


Loukoumades

Donat jenis ini memiliki bentuk yang mungil, bundar, dengan kembung di bagian tengahnya. Setelah digoreng, Loukoumades disiram dengan sirup madu dan ditaburi gula, kacang, atau biji wijen. Donat nan manis ini biasa disajikan saat festival atau karnaval di Yunani.

Gulab Jamun

Di Indian Gulab Jamun merupakan kue primadona dengan rasa manis legit dan menjadi sajian istimewa setiap pesta pernikahan. Donat ini berwarna kecokelatan dan berbentuk lonjong bulat sebesar kepalan tangan orang dewasa. Orang Indian biasanya lebih suka menyantap donat ini dalam keadaan hangat.

Frittole

Venezia, sebuah daerah di Italia, merupakan tempat yang pertama kali mempopulerkan Frittole. Adonan kue yang memiliki bentuk bulat sembarang ini sama persis dengan adonan donat, uniknya adonan Frittole dicampur dengan buah-buahan kering dan kulit jeruk sebelum digoreng dan disajikan saat karnaval besar.

Churros

Orang Spanyol dan Amerika Latin mengenal churro atau chrros yaitu kue berbentuk eliptikal nan cantik yang bertabur gula halus. Donat unik ini mempunyai kesamaan rasa dan bolongan di bagian tengahnya begitu mirip dengan donat. Kue cantik ini bisa dijumpai di berbagai pinggiran jalan di pinggir jalan Spanyol.

Oliebolle

Adalah Roti Goreng asal Belanda, seukuran kepalan telapak tangan yang diisi kismis atau potongan apel dengan rasa mirip donat. Di Indonesia, Oliebollen sering tercantum dalam buku resep kue terbitan sejak zaman dulu dengan sebutan kue bantal atau bolang-baling yang memang mirip dengan donat.

Sufganiyah

Yaitu Roti Goreng yang populer di Israel sebagai hidangan tradisional perayaan Hanukkah. Donat berbentuk bulat kembung ini biasanya diisi dengan jelly yang bertabur gula halus di permukaannya. Rasa dan adonan kue ini sama persis dengan donat.

Berline

Adalah istilah donat bagi orang Jerman. Kue ini berisi selai tanpa ada bolongan di tengahnya. Kota Berlin memiliki istilah tersendiri untuk menyebut donat yaitu Pfannkuchen. Masyarakat Jerman Selatan menyebut Berliner dengan sebutan Krapfen yang sering dijadikan hidangan Malam Tahun Baru di Jerman sebelah timur.

Pink Dual Heart

Adalah donat kreasi masyarakat Korea. Donat dengan tampilan cantik ini tidak jauh berbeda dengan donat biasanya. hanya saja bentuknya lebih menyerupai hati berwarna merah muda dan cokelat. Terkadang, kue ini menggunakan taburan gula halus di atasnya, ada pula yang menggunakan variasi ukiran dari susu atau cokelat yang dibuat pola nan indah.

loading...