Ingin Umur Panjang? Minum Kopi 4 Cangkir

manfaat kopi untuk umur panjang
Kalau Anda ingin hidup lebih panjang, sebaiknya tidak minum kopi lebih dari empat cangkir sehari. Fakta ini didapat berdasarkan analisis data yang didapat dari kebiasaan 855 lelaki Swedia yang lahir pada tahun 1913. Di dalam kelompok ini, sepuluh orang di antaranya sudah merayakan ulang tahun mereka di atas 100 tahun.

"Penelitian ini didesain unik, mengizinkan kami memiliki akses mengidentifikasi faktor apa saja yang dapat mempengaruhi ketahanan hidup seseorang hingga di atas umur 50 tahun," kata dokter Lars Wilhemsen, Senin, 4 Mei 2015. Wilhemsen adalah dokter peneliti dari University of Gothenburg yang terlibat dalam proyek ini lebih dari 50 tahun lalu. Seperti yang dilansir oleh news.com.au

Selain meneliti pria yang lahir tahun 1913 dan sebelumnya, peneliti juga melakukan penelitian terhadap orang-orang berumur 54, 60, 65, 75, 80, dan 100. Kebiasaan hidup mereka secara sekilas dicatat dan dilaporkan oleh peneliti.

"Rekomendasi catatan kami dari hasil penelitian ini terpusat pada pengurangan kebiasaan merokok, menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap rendah, dan membiasakan diri tidak minum kopi lebih dari empat cangkir sehari," ujar Wilhemsen.

Kelompok yang menerapkan tiga kebiasaan ini dapat hidup di atas 80 tahun. Sedangkan kelompok yang hidup tidak sampai 80 tahun sebanyak 42 persen meninggal karena jantung, 20 persen karena infeksi, dan 16 persen karena sebab lainnya. "Kami juga menemukan fakta bahwa beberapa orang berumur panjang disebabkan faktor genetik, tapi itu bukan suatu faktor terkuat," Wilhemsen menjelaskan.

Selain melakukan pemantauan dan survei rutin di beberapa rumah sakit, kelompok penelitian Wilhemsen juga melakukan pemantauan di beberapa kompleks pemakaman pada orang-orang yang berumur panjang. "Kebanyakan dari mereka adalah orang yang ditetapkan sehat secara klinis, memiliki kepuasan dan kebahagiaan dalam lingkungan di mana mereka tinggal," tutur Wilhemsen. Penelitian ini pun akhirnya dipublikasikan dalam Scandinavian Cardiovascular Journal.

loading...