Ibu Hamil Mengidam, Tak Dituruti Bikin Anak Ileran?

Mengidam pada ibu hamil muda merupakan hal yang wajar. Keinginan untuk mengecap makanan tertentu bisa datang kapan saja, bahkan tengah malam sekalipun. Tak jarang, jenis makanan yang diinginkan pun merupakan makanan yang tak mudah dicari. Lantas benarkah tidak menuruti ngidam ibu hamil bisa menyebabkan anak lahir ileran di kemudian hari?

“Itu murni mitos. Tidak ada hubungannya sama sekali,” tutur M Nurhadi Rahman, dokter kandungan dari RS Dr Sadjito Yogyakarta. Seperti yang dilansir oleh CNN Indonesia.

Meski hanya mitos, menurut Nurhadi tidak ada salahnya memanjakan ibu hamil yang menginginkan makanan tertentu. Tapi ada syaratnya, tidak semua makanan boleh diberikan kepada ibu yang sedang berbadan dua.

“Selama dalam batas wajar dan tidak berbahaya, tidak ada salahnya menyenangkan ibu hamil. Yang perlu diperhatikan, jangan sampai makanan yang dikonsumsi ibu justru menimbulkan masalah,” katanya melanjutkan.

Dijelaskan Nurhadi, penyebab pasti mengidam atau craving pada ibu hamil hingga saat ini masih menjadi perdebatan para ahli. Namun, ada yang percaya mengidam pada ibu hamil muda disebabkan karena adanya perubahan hormonal tubuh.

“Sebenarnya bukan makanannya, tapi kandungan yang ada di dalamnya. Misalnya ibu hamil ngidam makan es krim, sebenarnya bukan es krimnya yang dicari tapi karena kandungan karbohidrat, gula atau lemaknya,” kata Nurhadi.

Lalu bagaimana bila si ayah yang mengidam?

“Itu hanya psikologi ayahnya saja, karena istrinya sedang hamil jadi ikut-ikutan ingin makan sesuatu. Asalkan wajar dan tidak berlebihan, ya tidak apa-apa makan makanan tertentu,” ujar Nurhadi.

loading...