Pendonor Ginjal Termuda Berumur 100 Menit

Bayi ini menghirup napas di dunia hanya seratus menit. Namun, dia adalah pendonor organ termuda di Inggris, barangkali juga di dunia, berdasarkan sebuah laporan di Inggris.

Teddy Houlston terlahir dengan kondisi kesehatan fatal. Orang tuanya tahu, hidup sang buah hati tak akan lama setelah kelahirannya. Akhirnya, orang tua yang baru saja menimang bayinya tersebut memutuskan untuk menawarkan organ tubuh si anak kepada orang lain, sepert dilansir dari laman Independent.

Teddy, yang lahir tak lama setelah saudara kembarnya Noah, meninggal dunia satu tahun lalu. Namun, ginjal transplantasinya sekarang berada di tubuh seorang pasien yang menderita gagal ginjal.

Ibunya, Jess Evans, mengatakan, “Ketika dia (Teddy) pergi, ada banyak kesedihan, tetapi begitu banyak juga sukacita.”

Angharad Griffiths, perawat spesialis organ donor dari NHS Blood and Transplant, mengatakan, prosedur tersebut adalah keajaiban. “Saya tidak habis pikir oleh semangat mereka (orang tua Teddy) untuk menyumbang (organ anaknya).

Kami tidak tahu apa potensi organ donasi tersebut pada tahap itu,” katanya.

“Tetapi, meski dengan semua ketidakpastian itu, dan hambatan yang mungkin kita hadapi, mereka tetap bersikeras bahwa ini adalah yang mereka inginkan. Dan saya berjanji bahwa saya akan mencoba dan  melakukannya untuk mereka.”

Ahli bedah Niaz Ahmad, yang mentransplantasikan organ ke tubuh pasien donor mengatakan, “Penerima ginjal Teddy sekarang memiliki empat ginjal di tubuh mereka.” “Anda mungkin berpikir jika kedengarannya banyak organ yang dimuat di dalam tubuh.”

“Tapi sebenarnya tubuh kita memiliki kemampuan luar biasa untuk beradaptasi dan memberikan ruang bagi organ baru yang diperlukan, jika dibutuhkan.” Niaz berkata, orang tua Teddy melakukan hal yang benar, dan dia sangat bangga dengan apa yang dicapai oleh anak mereka.

loading...