Latest News

Menakjubkan, Ada Pantai Didalam Gua!

Hang En di Vietnam adalah gua terbesar ketiga di dunia. Tingginya setara dengan London Eye. Selain bentuknya yang super, gua ini adalah rumah bagi sungai-sungai dan hutan. Tapi satu yang luput dari pengamatan banyak orang: ada pantai di dalam gua megah ini.

Fotografer Lars Krux, 48, menjelajahi gua ini bersama istrinya, Justyna Krux. Dalam penjelajahannya, dua orang ini menangkap pemandangan yang sangat menakjubkan. Lars, yang adalah seorang pria Hamburg, Jerman, sampai di gua yang berada di perbatasan Vietnam-Laos ini setelah menempuh perjalanan sejauh 10 km melalui hutan belantara yang ada di Taman Nasional Phong Nha-K Bang.

Untuk mencapai pantai dalam gua ini, Lars terlebih dahulu harus menyeberangi aliran air setinggi pinggang yang luar biasa dingin. “Ini adalah kerja keras untuk sampai di gua ini, karena tidak ada jalan lain di dekatnya. Satu-satunya cara untuk mencapai gua ini adalah berjalan sepuluh kilometer melewati hutan, menanjak dan menurun.”

Ia lalu menambahkan, “Anda harus menyeberangi beberapa sungai dengan ketinggian air hingga 1,5 meter dan Anda akan berhadapan dengan sekumpulan lintah yang siap menyerang. Tentu saja tidak semua orang berharap seperti ini.”

Tapi kerja keras Lars dan istrinya terbayar lunas. Ia menemukan “surga” yang sangat indah: sebuah pantai di dalam gua. (Metro.co.uk)