Latest News

Tradisi Tahun Baru Paling konyol di Dunia


Tradisi Tahun Baru Paling Unik Di Dunia

Setiap negara punya kebudayaan yang berbeda-beda. Dan pastinya setiap kebudayaan punya tata cara dan tradisi yang berbeda pula, termasuk dalam merayakan tahun baruMomen pergantian tahun selalu dimaknai sebagai peristiwa penting dalam berbagai budaya. Selalu ada ritual atau perayaan khusus untuk menyambut datangnya tahun yang baru ini. Entah itu pesta meriah, jamuan dengan hidangan khusus, atau ritual.



1. Skotlandia - Hongmanay



Menurut situs Info Please, orang Skotlandia punya tradisi yang disebut Hongmanay saat tahun baru. Tadisi ini meliputi 'kaki pertama'. Maksudnya saat malam pergantian tahun, orang-orang Skotlandia akan saling mengunjungi dengan para tetangga untuk pertama kalinya di tahun yang baru.

Biasanya mereka juga membawa oleh-oleh berupa arang untuk perapian atau kue. Jika tamu pertama yang datang ke rumah adalah seorang pria yang tampan, tinggi, dan berkulit gelap, maka keberuntungan akan meliputi rumah itu dalam setahun.


2. Jepang - Oshogatsu



Tahun baru merupakan momen yang penting bagi orang Jepang. Sebab hari tersebut menjadi simbol bagi pembaharuan. Saat tahun baru, orang Jepang mengadakan pesta yang disebut bonenkai. Tujuannya adalah untuk melupakan masalah dan kegagalan di tahun yang lama dan merayakan tahun yang baru.

Tepat ketika tahun berganti, kuil-kuil Buddha membunyikan ging sebanyak 108 kali sebagai cara untuk menghalau 108 kelemahan manusia. Sementara anak-anak mendapat angpao yang disebut otoshidama.


3. Spanyol - Makan 12 anggur



Orang-orang Spanyol biasa memakan 12 buah anggur pada malam pergantian tahun. Tujuannya adalah untuk mendapatkan 12 bulan yang manis sepanjang tahun.


4. Yunani - koin emas di dalam kue



Di Yunani perayaan tahun baru bertepatan dengan Festival St. Basil, salah satu pendiri gereja Yunani ortodoks. Pada hari ini orang Yunani menyiapkan hidangan khusus yang diberinama Vassilopiita atau kue St. Basil. Dalam kue ini dimasukkan sekeping koin emas. Siapapun yang mendapat potongan kue dengan koin di dalamnya akan mendapat keberuntungan di tahun yang baru.


5. Denmark - melompat dari kursi



Orang-orang Denmark menandai tahun baru dengan melemparkan gelas dan piring bekas ke pintu rumah kerabat dan famili. Sebagai ritual tahun baru, mereka naik di atas kursi, kemudian melompat bersama-sama. Dengan cara ini, mereka 'melompat' meninggalkan keburukan di tahun sebelumnya ke tahun baru yang lebih beruntung.


6. Filipina - memajang dan memakan benda-benda bulat



Orang Filipina menganggap benda-benda yang berbentuk bulat sebagai tanda keberuntungan, sebab bentuknya mirip dengan uang koin. Pada saat tahun baru mereka mengenakan baju bermotif polka dot, menyajikan kue-kue berbentuk bulat, dan makan 12 jenis buah.


7. Korea - Tteok-Guk



Warga Korea menyantap sup bening panas yang disebut Tteok-Guk. Tteok-Guk ini berisi irisan-irisan tipis kue beras yang melambangkan umur panjang. Karena itu, jika ingin panjang umur sup tahun baru ini harus disantap sampai habis.