Latest News

Rokok Elektrik Ternyata Bisa Membakar Rumah


Rokok elektrik rupanya dapat membakar rumah. Hal ini terjadi pada keluarga Terry Skinner (25). Dia beserta tunangannya Tara Austin (22) dan anak mereka Logan (3) serta Sapphire (1) tengah berada di rumah ketika rokok elektrik yang sedang diisi baterainya meledak di Inggris.
Dilansir oleh Mirror, Skinner menaruh rokok elektrik yang sedang diisi di kamar lantai atas sebelum dia turun ke lantai bawah untuk bergabung bersama pasangannya. Namun hanya beberapa menit kemudian terdengar suara ledakan yang ternyata berasal dari baterai rokok elektroniknya. Dari ledakan tersebut, api menyebar ke seluruh ruangan.
"Saya menaruh anak saya di atas tempat tidur dan mengisi baterai rokok saya. Sekitar lima menit kemudian saya mendengar suara ledakan. Saya kira itu dari tetangga saya, mungkin mereka sedang memindahkan sesuatu. Kemudian saya mendengar ledakan lagi dan langsung naik ke atas. Ketika membuka pintu kamar kami, saya melihat kebakaran itu," ujar Skinner, Selasa (9/12).
"Ketika kami tiba di tempat, kami berhadapan dengan api yang menutup bagian depan kamar tidur tersebut. Api merusak 80 persen bagian di kamar itu, dan rokok elektrik itulah penyebabnya," ujar Manajer Pengamat Pelayanan dan Penyelamatan Kebakaran, Andy Bridger-Smart.
Bridger juga mengatakan kejadian tersebut meninggalkan kesedihan bagi keluarga Skinner, itu terjadi sebelum natal.
"Efek dari kejadian ini, hidup mereka jadi berubah," ujarnya.
Bridger mengimbau jangan menggunakan alat pengisi baterai yang salah, karena jika berbeda dengan alat elektronik dan baterai alat tersebut tidak dapat menerima voltase yang berbeda maka dapat menimbulkan api.