Ini Alasan Harus Update Android ke Versi 5.0 Lollipop

Dewa Berita - Sistem operasi mobile Google, Android, kini sudah masuk dalam versi peningkatan generasi terbaru yang masuk dalam seri 5.0 atau lebih dikenal Lollipop. Ada banyak fitur dan pembaharuan yang disematkan dalam versi terbaru ini.

Seperti dilansir dari Cnet, Minggu (14/12/2014), Android 5.0 Lollipop adalah sistem operasi mobile terbaru Google sebagai penerus dari versi 4.4 KitKat. Banyak hal terbaru yang dibawa dalam sistem ini, selain tentunya tampilan dan sistem kunci layar saja.

Namun, masih banyak pengguna yang meragukan ponselnya untuk melakukan pembaharuan kedalam versi ini. Tidak sedikit juga yang memperkirakan bahwa update sistem ini sama saja dengan sebelumnya, dan berpikir masih banyak bug yang terjadi di dalamnya.

Sayangnya, pembaharuan masih berjalan lambat dan belum benar-benar didistribusikan oleh para produsen untuk produk besutan. Namun, jika pembaharuan telah tersedia, sebaiknya segera lakukan pembaharuan. Berikut alasan mengapa pembaharuan tersebut diperlukan.

Desain antarmuka baru

Hal pertama yang akan pengguna tremukan saat update ke Android 5.0 Lollipop adalah antarmuka yang didesain ulang. Antarmuka terlihat lebih bersih lebih ringan dar sistem operasi sebelumnya, sehingga lebih nyaman dan memungkinkan bekerja lebih cepat.

Menyembunyikan konten sensitif dalam pemberitahuan


Pemberitahuan masuk dalam perangkat Android, terkadang masuk tanpa adanya filter terlebih dahulu. Hal tersebut bisa membuat penggunanya malu, karena beberapa pemberitahuan yang masuk sering mengandung konten ‘sensitif’. Untuk menjaga rahasia tersebut, Lollipop menyediakan pengaturan yang tepat, masuk ke menu Setting dan klik Suara & Pemberitahuan , diikuti oleh ‘When the device is locked’ pilihan di bagian bawah halaman.

Konsumsi baterai menjadi lebih tahan lama

Bekerja dengan cepat dan sistem antarmuka yang lembut yang dibawa Android 5.0 Lollipop, memang memberikan dampak dalam penghematan baterai. Karena selain itu, versi kali ini menyediakan modus baterry saver untuk memberikan penghematan konsumsi baterai lebih baik. Masuk dalam menut Settings , klik pada baterai , tekan menu tombol (dengan bentuk ikon tiga vertikal titik di pojok kanan atas) dan pilih saver baterai .

Ada tiga modus suara baru di Lollipop

Pertama kali Anda mengubah volume peringatan pada perangkat Anda, Anda akan melihat beberapa pilihan baru tepat di bawah slider volume. Ini adalah bagian dari yang disebut mode Prioritas baru fitur.

Pilihan tersebut adala ‘None’ untuk menonaktifkan semua pemberitahuan, bahkan jam alarm. Sementara modus ‘Prioritas’ akan hanya menampilkan notifikasi yang telah disetujui. Masuk pada menur Settings , klik Suara & Pemberitahuan dan pilih Interupsi untuk menyetujui pilihan pemberitahuan. Namun, pengguna juga bisa mengakses langsung melalui jendela notifikasi yang bisa dilakukan dengan swipe layar atas ke bawah.

Tersedianya dua akun pengakses

Meminjamkan telefon kepada teman atau anggota keluarga, memang tidak salah. Namun, ada batasan privasi yang harus ditentukan di dalam smartphone. Melalui Lollipop, pengguna dapat membuat dua profil langsung, sebagai administrasi/pemilik asli dan profil tamu. Akses administrasi bisa membatasi aplikasi pribadi, kontak dan foto terpisah dari akun tamu, karena akun tamu adalah pengguna sementara.

loading...