Asteroid yang Mengancam Bumi Berdiameter Lima Kali Lapangan Bola

Dewa Berita - Seorang astrifikawan Rusia mengakui telah melacak asteroid yang kemungkinan bertubrukan dengan bumi. Asteroid tersebut memiliki diameter seluas lima kali lapangan sepakbola itu tiga tahun sekali melintas di orbit bumi.

Meskipun para ahli mengatakan obyek raksasa yang dikenal sebagai 2014 UR116 tidak menimbulkan kemungkinan tabrakan secara langsung, namun penemuan ini menggarisbawahi betapa masih sedikitnya hal yang diketahui tentang asteroid dan orbit mereka.

Seperti dilansir CSmonitor.com, Kamis (11/12/2014), seorang profesor dari Universitas Negeri Moskow, Vladimir Lipunov mengatakan, dirinya mengumumkan tanda bahaya mengenai adanya kemungkinan serangan asteroid. Lipunov menjabarkan, asteroid tersebut memiliki lebar diameter 370 meter dan dapat menimbulkan ledakan seribu kali lebih dahsyat dibandingkan tabrakan serupa pada 2013 silam.

Pada ledakan meteor 2013 silam yang memiliki besar sama dengan bus sekolah itu mengakibatkan hancurnya bangunan dan memecahkan kaca-kaca di sekitar lokasi jatuhnya meteor tersebut.

Seperti diketahui, meteor Chelyabinsk jatuh di daratan Rusia pada Februari 2013. Akibat terjadinya ledakan meteor, ribuan orang dikabarkan mengalami cedera.

Ilmuwan di seluruh dunia mendeklarasikan awal bulan ini bahwa 30 Juni ditetapkan sebagai Asteroid Day atau Hari Asteroid. Asteroid Day ditetapkan untuk meningkatkan kesadaran terkait bahaya asteroid bagi manusia di Bumi.

loading...