6 Hewan Laut Dengan Wujud Paling Meyeramkan

Tuhan memang Maha Sempurna. Baik manusia, binatang, maupun tumbuhan diciptakan sesuai dengan tempat mereka berada. Hewan-hewan yang tinggal di tempat panas, diberi kemampuan adaptasi yang sesuai dengan tempat mereka. Hewan-hewan laut pun begitu.

Hewan-hewan laut yang tinggal di perairan dalam diberi kemampuan adaptasi yang berbeda dengan yang biasa berenang di permukaan. Terkadang karena kemampuan adaptasi mereka itulah mereka tampak menyeramkan. Berikut 6 hewan laut paling menyeramkan yang pernah ditemukan.

1. Ikan Naga

Ikan jenis ini biasa hidup di kedalaman hingga dua kilometer di bawah permukaan laut. Ikan ini mempunyai kemampuan menghasilkan cahaya sendiri di “belalai” yang terdapat di dagunya. Kemampuan ini disebut bioluminescent dan biasa dimiliki oleh hewan-hewan yang hidup di tempat yang minim cahaya. Belalai tersebut akan memancarkan cahaya untuk memancing ikan mangsanya.

2. hiu Rumbai

Hiu ini sering disebut fosil hidup karena kedekatan kekerabatannya dengan hewan purba. Mereka mendiami perairan dalam di Samudra Atlantik dan Pasifik. Meski begitu, mereka jarang terlihat. Sehingga ilmuwan berpikir mereka menangkap mangsanya dengan menekuk tubuh lalu menerjang ke depan seperti ular.

3. Gurita Vampir

Meski memiliki nama yang menyeramkan, kenyataannya hewan ini hanya makan sisa-sisa makanan hewan laut lainnya. Ia mendapatkan nama yang menyeramkan dari mata serta selaput yang melapisi tubuhnya. Meski telah ditemukan lebih dari 100 tahun lalu, gurita vampir tetap menjadi hewan yang misterius hingga sekarang.

4. Gurita Raksasa



Gurita ini awalnya kerap dianggap mitos dan legenda karena ukuran tubuhnya. Namun ternyata mereka nyata. Mereka dapat tumbuh hingga mencapai 60 kaki sehingga disebut sebagai hewan invertebrata terbesar. Hewan ini jarang ditemukan.

5. Blobfish

Ikan jenis ini biasa hidup di perairan dalam di Australia dan Selandia Baru pada kedalaman 1200 meter di bawah permukaan laut. Tubuh mereka serupa agar-agar yang lembek sebagai bentuk adaptasi tekanan yang begitu kuat di laut dalam.

6. Belut Gulper

Dikenal juga dengan nama Eurypharynx Pelecanoides, dapat tumbuh sampai panjang 2-6 kaki dapat ditemukan dikedalaman 3000 sampai 6000 kaki di dasar laut. Meski termasuk spesies ikan, mereka sering disebut belut karena mempunyai bentuk badan yang panjang dan elastis. Mulut mereka dapat terbuka lebar dan memangsa hewan lain yang ukurannya lebih besar dari tubuh mereka sendiri.

loading...