5 Kesalahan Merias Wajah yang Kerap Tak Disadari Wanita

Hampir setiap wanita tidak bisa lepas dari produk tata rias, meski hanya bedak atau lipstik, tapi terkadang tata rias malah menyebabkan berbagai masalah pada kulit wajah. Namun, siapa sangka, masalah tersebut bukan hanya disebabkan tata rias, akan tetapi teknik dan alat rias pilihan Anda.
Berikut beberapa kesalahan dalam tata rias yang kerap Anda lakukan. Memang hal-hal ini terlihat sepele, namun jika dibiarkan maka kulit wajah Anda yang bisa terkorbankan. Apa saja kesalahan-kesalahan tersebut?

1. Tidak membersihkan kuas tata rias
Kuas adalah salah satu alat penting dalam tata rias, tapi kadang luput dari perhatian. Tak cuma Anda, penata rias profesional pun mengaku membersihkan kuas tata rias adalah kegiatan yang jarang mereka lakukan.
Namun, Anda jangan lupa bahwa kuas akan berpengaruh terhadap pengaplikasian tata rias. Tidak hanya berbagai warna yang mungkin akan tercampur, namun teknik pun akan berpengaruh jika kuas telah penuh dengan pigmen. Akibatnya, tata rias bakal terlihat samar dan tidak sempurna.

2. Tidur tanpa membersihkan tata rias terlebih dahulu
Terkadang kita terlalu lelah sampai tidak sempat membersihkan wajah yang masih penuh dengan riasan. Nah, apabila tidak sempat membersihkan riasan, Anda bisa menggunakan tisu basah yang khusus untuk membersihkan tata rias.
Sebab tertidur dengan riasan wajah yang belum dibersihkan bisa membuat pori-pori wajah tersumbat dan cenderung melebar. Pori-pori yang melebar membuat kulit jadi lebih kasar dan cepat menua. Lebih baik, untuk menjaga kulit agar tetap muda dan lembab, janganlah malas membersihkan tata rias.

3. Memakai maskara tahan air setiap hariSebaiknya Anda tidak memakai maskara tahan air setiap hari, kecuali Anda adalah perenang profesional. Sebab, jenis maskara ini akan membuat bulu mata menjadi kering. Selain itu, maskara tahan air cenderung sulit dihapuskan, terutama bagi Anda yang sering menggosok mata dan ini akan membuat bulu mata Anda rontok.

4. Memakai foundation terlalu banyak dan tebal
Anda bisa saja mengenakan alas bedak sedikit tebal untuk menyembunyikan noda pada wajah. Namun, selain itu, hindarilah pemakaian foundation yang terlalu karena Anda akan seperti memakai topeng. Sebaliknya, fokuslah pada area yang krusial seperti daerah “T” dan area sekitar hidung.

5. Mengaplikasikan tata rias dengan pencahayaan yang salah
Untuk memperoleh hasil riasan yang baik, aplikasikan tata rias Anda di ruangan yang memiliki pencahayaan yang baik dan serupa dengan tempat tujuan Anda. Jika Anda akan pergi ke area terbuka, janganlah berdandan di ruangan dengan cahaya temaram. Sebab, jika tidak tidak, maka campuran tata rias akan menjadi tidak sempurna.

loading...