5 Hal Penting Yang Harus Di Ketahui Pengguna Smartphone


Hal Wajib Diketahui Penguna Smartphone

Apapun jenis smartphone Anda, entah itu iPhone, Android atau Windows Phone, sedikit banyaknya harus bisa mengoptimalkan penggunaannya agar dapat mempermudah aktivitas Anda sehari-hari. Jika Anda bisa mengoptimalkan fungsi yang ada pada smartphone, Anda bisa menghemat banyak waktu, uang, dan tentunya dapat mendukung kegiatan Anda sehari-hari.



1. Backup foto Anda

Jangan backup foto Anda secara manual. Setting smartphone Anda agar dapat mem-backup foto secara otomatis sehingga Anda tidak akan pernah kehilangan kenangan jika smartphone Anda hilang atau dicuri. Ada banyak aplikasi yang memungkinkan hal tersebut, seperti aplikasi Carousel dari Dropbox dan aplikasi OneDrive dari Microsoft, yang secara otomatis dapat mem-backup foto ke penyimpanan awan hingga 5 GB secara gratis.

Pengguna smartphone Windows Phone dapat menggunakan aplikasi CloudSix atau OneDrive. Sementara pengguna smartphone Android atau iOS bisa memilih aplikasi Google+ untuk mem-backup foto hingga beresolusi 2048 piksel atau Flickr untuk menyimpan foto dan video beresolusi tinggi hingga 1 TB.


2. Simpan musik via cloud

Untuk apa mengeluarkan uang berlebih hanya untuk membeli memori tambahan ketika Anda dapat menyimpan musik secara online? Google Play Music dapat menyimpan hingga 20.000 lagu, yang kemudian dapat diakses melalui smartphone iOS dan Android (atau aplikasi resmi untuk Windows Phone).

Caranya cukup download software Google Music Manager dan unduh ke folder yang ada pada komputer. Anda juga bisa berlangganan layanan Spotify, Rdio atau Beats Music dengan biaya hanya US$ 10 per bulan.


3. Browser dan email alternatif

Jangan bergantung pada aplikasi browser atau email bawaan pada smartphone Anda. Cobalah beberapa aplikasi alternatif, dijamin Anda akan menemukan aplikasi yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Mailbox adalah aplikasi email alternatif yang direkomendasikan untuk smartphone iOS dan Android yang memungkinkan Anda untuk tidak pernah melewatkan email yang masuk, melampirkan file langsung dari Dropbox, dan mengatur reminder dari pesan yang akan Anda jawab nanti.

Pengguna Gmail juga harus mencoba aplikasi Gmail untuk iOS karena itu lebih baik dari aplikasi Mail bawaan di iPhone. Untuk browser, Chrome dan Firefox adalah dua aplikasi browser yang patut dicoba.


4. Jadikan smartphone sebagai wireless hotspot

Operator seluler mungkin lebih suka jika Anda mendaftar paket data untuk tablet, tetapi sepertinya Anda tidak memerlukan hal itu. Cukup jadikan smartphone Anda sebagai wireless hotspot yang dapat memberikan saluran data nirkabel (Wi-Fi) untuk tablet atau laptop.


5. Optimalkan fungsi shortcut

Ada banyak cara yang lebih cepat untuk melakukan segala hal di smartphone Anda. Pada iPhone, Anda bisa geser ke atas dari tepi bawah untuk membuka pengaturan cepat atau tekan dua kali tombol Home untuk membuka daftar recent apps.

Untuk smartphone Android, saat ingin melihat notifikasi, Anda bisa mengusap layar ke bawah untuk memaksimalkan tampilan notifikasi atau untuk mengetahui email dan pesan yang masuk. Secara umum, fungsi shortcut Android sedikit lebih rumit karena setiap smartphone memiliki tata letak tombol dan software yang berbeda.


loading...