Masjid Paling Unik di Jogja



Tak cuma Rusia yang punya bangunan dengan kubah gendut berwarna-warni seperti Katedral Santo Basil. Di Indonesia pun ternyata ada bangunan seperti ini, meskipun ukurannya jauh lebih kecil. 

Tak banyak orang luar Yogyakarta yang tahu, kalau di propinsi tersebut ada Masjid An Nurumi yang arsitektur bangunannya menyerupai ikon kota Moskow itu.

Masjid ini terletak di Jalan Solo Km 15, Candisari, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Terletak di di pinggir jalan raya, masjid ini tampak mencolok berkat kubah-kubah berwarna-warni dan bergaya arsitektur khas Rusia.


Karena itulah tempat peribadatan umat Islam ini juga dikenal dengan nama 'masjid Kremlin', meskipun pada kenyataannya Kremlin adalah nama sebuah benteng kuno di dekat kompleks Katedral Santo Basil. Wisatawan asing memang sering salah mengira kalau gereja cantik itulah yang disebut Kremlin.


Dilaporkan Atlas Obscura, Masjid Kremlin ini juga sering disebut 'masjid permen', sebab bagian atasnya yang berwarna-warni mengingatkan pada istana permen dalam dongeng anak-anak.

Tak jarang pengunjung yang mengira masjid An Nurumi sebagai toko kue atau tempat bermain, terutama karena plang nama masjid terletak agak jauh dari pagar depan. Setelah dijelaskan para pengurus masjid, barulah ketahuan kalau bangunan unik dengan warna-warna semarak ini tempat ibadah.

Masjid ini memang ukurannya tak terlalu besar. Walaupun begitu ia telah banyak berjasa memberikan keteduhan bagi para pengendara yang ingin beristirahat sejenak dan menjalankan ibadah sebelum melanjutkan perjalanan.

loading...