Latest News

Makan Serangga Menbuat Anda Kurus Tapi Sehat, Cocok buat Yang Lagi Diet


Dunia kuliner setiap harinya terus berkembang termasuk dalam menemukan menu makanan yang unik dan eksentrik. Salah satunya adalah hal yang terjadi dalam dunia kuliner di Thailand. Di negara yang terkenal dengan sebutan gajah putih ini, serangga menjadi makanan yang jamak dan lumrah untuk dikonsumsi. Tentunya bagi sebagian orang, kebiasaan ini sangatlah menakutkan. Sebab serangga dikenal sebagai hewan yang aneh dan mungkin menjijikan.


Terlepas dari fakta tersebut, baru-baru ini sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk menemukan fakta unik bahwa makan serangga bisa membuat tubuh Anda kurus namun tetap sehat. Hal ini terjadi pada diri Jason Brink, seorang warga Amerika yang memilih tinggal di Thailand. Pada awalnya dia tidak mengira bahwa makanan yang dia konsumsi adalah jangkrik. Sebab baginya, jangkrik tersebut sudah dihilangkan kaki dan sayapnya sehingga terlihat seperti kacang tanah biasa. 

"Tadinya saya mengira bahwa makanan yang saya konsumsi hanyalah kacang biasa. Namun ternyata makanan tersebut adalah jangkrik. Secara mengejutkan rasanya sangatlah unik dan gurih," ujarnya.

Menanggapi akan hal itu, WHO pun menyatakan bahwa serangga adalah makanan yang tinggi akan zat protein di dalamnya. Selain itu setiap takar sajian serangga sebesar 100 gram mengandung 121 kalori sehingga menjadikannya sebagai camilan sehat.

"Serangga termasuk makanan yang tidak akan cepat punah. Sehingga Anda bisa mengonsumsinya sebagai salah satu alternatif makanan sehat yang unik sebab serangga kaya akan tembaga, besi, magnesium, mangan, selenium, fosfor, seng, dan tentu saja serat untuk kesehatan pencernaan Anda."

Apakah Anda sendiri tertarik untuk mencoba makanan ini? Di Thailand sendiri memang terkenal beberapa menu makanan yang terbuat dari serangga seperti Thai Green Curry Crickets, Dark Chocolate Covered Scorpions dan BBQ Flavour Worm Crisps.