Dosa-Dosa Kita Kepada Guru Yang Sampe Sekarang Belum Kita sadari

1. Nyontek



Ini adalah dosa yang mungkin semua orang pernah melakukannya. Dari SD, SMP, atau SMA dan sadar atau enggak, itu sama aja kita berbohong dengan sang guru. Begitu ketauan, kita juga lngsg ngelak dan ngaku. Yah, boong lagi deh.


2. Ngatain Guru

Agan-agan sekalian pernah melakukan hal ini? Hayooo ngaku! Yup jaman sekolah dulu, saat sebel sama guru kita pasti menunjukannya dengan ngatain mereka. Padahal kadang, yg mereka lakukan adalah untuk kebaikan kita juga ya gan.


3. Ngasih Julukan

Ini mungkin maksudnya bukan ngatain, tapi cuma buat kita inget sama mereka. Yaaa, ane juga pernah ngalamin sih. Dulu, ane pernah punya guru sosiologi yang dipanggil Bu Penyu gara-gara beliau pake kacamata bulet dan anak-anak bilang sih mirip penyu. Tapi, sekarang beliau udah tenang di alam sana gan. dan pas denger berita itu, ane sedih dan ngerasa berdosa pernah ngasih julukan kayak begitu gan


4. Cuek bebek

Saat ngerasa bosen sama pelajaran, secara gak sadar kita jadi sibuk sendiri dan nyuekin guru yang lagi nerangin di depan. Pernah gak sih terpikir, kadang saat berada di depan kelas, mereka juga sedang berjuang untuk kalian biar bisa jadi anak yang bisa membanggakan Indonesia.


5. Membantah alias gak mau nurut

Pernah dong males pas dikasih tugas sama guru-guru pas sekolah dulu? Nah, itu sama aja kayak agan membantah mereka. Dan lagi-lagi, saat sekolah dulu kita gak sadar kalau guru memberikan kita tugas agar kita bisa lebih memahami pelajaran yang sudah diberikan


6. Gosip

Bukan cuma temen, kadang guru bisa jadi bahan gosipan anak-anak jaman sekolah dulu. Mulai dari gosip skandal percintaan sampe gosip korupsi. Agan pernah gosipin guru jaman sekolah dulu?


7. Ngedumel dibelakang

Nah, ini mungkin jadi salah satu tindakan yang sering dilakukan anak sekolah. Saat sang guru lagi nerangin atau lagi marah, ga jarang kita ngedumel sendiri dibelakang. Mulai dari ngatain tuh guru sampe ngeluarin kata-kata kotor. Duh


8. Nyorakin Guru

Hal kayak gini biasanya terjadi saat di dalam kelas saat sang guru melakukan kesalahan. Misalnya, saat mereka salah nyebut nama atau saat guru ngadain ulangan mendadak. Karena bete dan gak terima, kita dan teman-teman jadi nyorakin.


Gimana jadi merasa bersalah sama guru-guru jaman dulu? Kalau diinget, banyak banget ya dosa yang udah kita lakukan terhadap mereka. Padahal nih, mereka punya tujuan yang sangat baik buat kita. Emang sih, pas sekolah dulu jiwa muda kita suka berontak saat meresa terkekang dengan aturan dan tugas-tugas dari mereka.

Tapi jujur nih gan, ane udah ngerasaiin gimana berharganya semua ilmu yang udah mereka berikan buat ane. Bukan cuma ilmu kayak Matematika, Fisika, atau Bahasa Indonesia, tapi juga ilmu hidup. Ya gak?

loading...