5 Serangga Yang Memiliki Kekuatan Super

Serangga termasuk dalam kelas insekta ( subfilum Uniramia ) yang dibagi lagi menjadi 29 ordo, antara lain Diptera ( misalnya lalat ), Coleoptera ( misalnya kumbang ), Hymenoptera ( misalnya semut, lebah ), dan Lepidoptera ( misalnya kupu-kupu dan ngengat ). 

Kelompok Apterigota terdiri dari 4 ordo karena semua serangga dewasanya tidak memiliki sayap, dan 25 ordo lainnya termasuk dalam kelompok Pterigota karena memiliki sayap. Serangga merupakan hewan beruas dengan tingkat adaptasi yang sangat tinggi. Ukuran serangga relatif kecil dan pertama kali sukses berkolonisasi di bumi

1. Kumbang Bombardier
Ketika datang ke strategi defensif di dunia serangga, tidak ada yang mampu mengalahkan kumbang Bombardier. Makhluk ini memiliki kemampuan luar biasa untuk menyemprotkan larutan kimia panas yang cukup kuat untuk melukai musuh musuhnya. Cairan beracun yang disemprotkan oleh kumbang ini bisa mencapai suhu yang mengesankan yaitu 212 derajat Fahrenheit, atau 100 derajat Celcius.

2. Tawon Voodo

Tawon Voodoo disebut seperti itu karena mereka secara ajaib mampu untuk mengubah mangsa atau musuh musuhnya menjadi seperti zombie yang dapat mereka kendalikan. Para ilmuwan belum menemukan alasan dibalik hal itu. Namun, mereka menemukan bahwa kemampuan luar biasa tawon voodoo ini sangat penting untuk kelangsungan hidup mereka.


3. Semut



Semut memiliki kemampuan menakjubkan yaitu selalu menemukan jalan pulang bahkan jika mereka telah berjalan jauh dalam mencari makanan. Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa semut menggunakan berbagai isyarat visual untuk mengingatkan mereka tentang di mana koloni mereka. Selain isyarat visual, semut juga menciptakan peta bau dari lingkungan mereka dengan mengandalkan indera penciuman stereo mereka. Selama bau masih ada, mereka akan selalu menemukan jalan mereka kembali ke rumah bahkan bila berada di tempat seperti padang pasir.


4. Capung

Capung memiliki otak yang sangat kecil, namun ketika berburu untuk makanan, mereka bergantung pada perhatian selektif. Jika capung melihat segerombolan serangga kecil, itu akan mengunci perhatian pada satu mangsa saja. Melalui perhatian selektif, capung menghilangkan potensial mangsa lainnya dalam kawanan tersebut dan hanya berfokus pada target. Capung sangat akurat ketika menangkap mangsanya. Tingkat keberhasilan mereka sangat tinggi yaitu hingga 97%.

5. Kumbang Kotoran

Kumbang kotoran hidup dengan mengumpulkan limbah hewan, mengelindingkannya hingga menjadi bola, dan menggunakannya untuk beberapa tujuan. Mereka dapat menggunakan bola kotoran tersebut sebagai rumah, bertelur di atasnya, hingga memakannya. Di samping semua itu, kumbang kotoran ternyata memiliki kemampuan luar biasa yaitu mampu mengelindingkan bola kotorannya dalam garis lurus bahkan di malam hari! Penasaran dengan kemampuan yang menarik ini, Marie Dacke, seorang ahli biologi dari Universitas Lund di Swedia pun telah membuktikkannya.

loading...