4 Fakta Menarik Tentang Lautan


Sekitar 70 persen permukaan bumi terdiri dari laut. Ternyata, permukaan laut di bumi ini menyimpan banyak keunikan. Berikut beberapa fakta keunikan laut yang diulas dalam laman abc.net:

1. Terdapat di permukaan


Sejauh yang diketahui selama ini, bumi merupakan satu-satunya planet yang memiliki laut pada permukaannya. Pada tata surya, ilmuwan menduga terdapat air di planet lain. Misalnya di Mars. Namun, air tersebut diduga  tidak berada di permukaan, namun berada di dalam tanah. 

2. Separuh oksigen diproduksi di laut


Separuh dari oksigen yang dihirup oleh makhluk hidup di bumi ternyata diproduksi di dalam laut. Oksigen ini diproduksi oleh gulma laut dan rumput laut. Namun,  sebagian besar oksigen dihasilkan oleh fitoplankton, organisme kecil bersel tunggal yang memiliki kemampuan untuk berfotosintesis.  Selama fotosintesis, fitoplankton menghilangkan karbon dioksida dari air laut dan melepaskan oksigen ke bumi. Karbon menjadi bagian dari tubuh mereka.

3. Samudra Atlantik semakin besar dan Samudra Pasifik semakin kecil


Menurut para ahli, dua puluh juta tahun yang lalu tidak ada Samudra Atlantik. Berdasarkan teori lempeng tektonik, benua Amerika Selatan dan Amerika Utara dipisahkan oleh sebuah lembah celah yang akhirnya berubah menjadi Samudra Atlantik. 

Saat ini, samudra Atlantik bertambah lima sentimeter setiap tahun sebagai dasar laut yang diciptakan oleh aktivitas gunung berapi. Di sisi lain, Samudera Pasifik saat ini diperkirakan menyusut dua sampai tiga sentimeter setiap tahun. Penyusutan ini juga disebabkan oleh pergeseran lempeng tektonik.

4. Habitat yang sangat luas


Laut merupakan tempat hidup berjuta-juta organisme. Tidak ada yang tahu persis berapa banyak jenis spesies yang hidup di lingkungan ini. Laut menjadi rumah bagi hewan yang paling besar yakni paus biru, sekaligus mikroba yang kecil.


Berdasarkan sensus kehidupan laut,  kehidupan yang teridentifikasi di laut hampir mencapai 250.000 spesies. Tetapi ilmuwan meyakini jumlah tersebut belum termasuk puluhan atau bahkan ratusan juta jenis mikroba yang membentuk sebagian besar kehidupan laut.

loading...