3 Mobil Buatan Indonesia Berkelas Internasional

Indonesia memang sudah berhasil membuat banyak prototype mobil nasional yang merupakan hasil karya anak bangsa. Namun, tidak jarang deretan proyek mobil nasional ini harus terhenti di tengah jalan. Kendala dari tidak adanya investor, pasokan komponen, dan desain yang kurang menarik membuat banyak mobil nasional gagal masuk ke proses produksi masal.

Akan tetapi, ada beberapa mobil nasional buatan anak bangsa yang berhasil dibuat dengan mengusung desain kelas dunia dan menonjolkan kesan futuristik yang sangat kental. Bahkan jika diproduksi masal, mungkin banyak masyarakat yang akan kecantol dengan desain indahnya dan memutuskan membeli

Berikut 3 mobil nasional buatan Indonesia yang miliki desain futuristik dan tak kalah dengan mobil buatan pabrikan besar di dunia.

1. SKEV-1
3 Mobil Buatan Indonesia Berkelas Internasional

SKEV-1 (Signal Kustom Electric Vehicle 1) adalah mobil sport listrik buatan anak bangsa hasil kerjasama dari coachbuilder Signal Kustom dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

SKEV-1 ini sempat menghebohkan khalayak ramai ketika pertama kali diperkenalkan di Puspitek Serpong bersamaan dengan hari teknologi Nasional 2011.

SKEV-1 sendiri hadir dengan desain sporty bak mobil balap ketahanan Le Mans. Mobil listrik ini juga disokong motor listrik bertenaga 60HP yang mampu melesat hingga 140km/jam.

Sayangnya, karena tujuan utama mobil ini adalah untuk turun di ajang modifikasi, sehingga sulit untuk mewujudkan versi produksi masal dari SKEV-1.

2. SV-1
3 Mobil Buatan Indonesia Berkelas Internasional

Mobil nasional kedua yang memiliki desain menawan, sporty, dan futuristik adalah SV-1. Mobil pengembangan dari SKEV-1 hasil kerjasama coachbuilder Signal Kustom dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini juga hadir dengan motor listrik yang ramah lingkungan.

Meski ramah lingkungan, motor listrik SV-1 ini masih bisa diajak lari dengan kecepatan maksimal yang diklaim dapat menyentuh angka 150 km/jam.?

Desain SV-1 ini terbukti jempolan karena sukses memenangkan salah satu kontes modifikasi terbesar di Indonesia.

3.Tuxuci
3 Mobil Buatan Indonesia Berkelas Internasional

Mobil nasional selanjutnya yang juga hadir dengan desain futuristik kelas dunia adalah Tuxuci. Mobil listrik ini memang hadir dengan konsep mobil sport mewah yang akan menarik minat setiap orang yang melihatnya.

Tak heran jika Menteri BUMN kala itu, Dahlan Iskan sampai kepincut membeli mobil seharga miliaran rupiah ini. Namun sayang keinginan Dahlan untuk memproduksi masal mobil ini harus terhenti karena Tuxuci mengalami kegagalan mekanisme rem ketika diujicoba oleh Dahlan.

loading...